Perhatikan Hal Ini! Jangan Sembarangan Mencuci Jaket Hujan Nyuci jaket hujan enggak bisa sembarangan.(Sumber: Official Timberland)

MEMASUKI musim hujan, salah satu benda yang wajib kamu bawa ke mana pun ialah jaket hujan. Jaket hujan menjadi barang yang dibawa sehari-hari, baik saat bepergian di dalam kota atau berpetualang di alam terbuka.

Bahan jaket hujan yang bersifat kedap air membuat orang berpikir bahwa jaket hujan tidak perlu dicuci. Anggapan tersebut salah.

Meskipun tidak menyerap air, jaket hujan perlu dibersihkan dengan benar. Jika tidak, pakaian tersebut akan terpapar kotoran, debu, dan keringat sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Meski perlu dicuci, jaket hujan tidak bisa dicuci seperti baju biasa karena terbuat dari bahan khusus yang membuatnya tahan air. Berikut cara mencuci jas atau jaket hujan yang benar.

1. Kenali Bahan Jaket

Bahan Jaket
Kenali bahan jaket sebelum mencuci. (Sumber: Official Timberland)

Jaket hujan terbuat dari bahan berpori-pori kecil. Pori-pori kecil tersebut membuat jaket tetap bisa bernapas sehingga berbagai macam kelembaban (air hujan atau keringat) bisa menguap dengan mudah.

Pada bagian luar, jaket hujan diberi lapisan tambahan yang disebut durable water repellent (DWR) . "Bahan DWR memberi perlindungan ekstra dari air. Lapisan ini membuat air membutir dengan cepat supaya bisa menggulir dari jaket dengan mudah," terang Client Executive Timberland, Nobel Afiansyah.

Hal tersebut mencegah air diam lama di atas jaket dan tidak menyerap ke dalam jaket.

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia