Relationship

Menabung Bersama Pasangan sebelum Menikah, ini Rambunya

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 07 Agustus 2022
Menabung Bersama Pasangan sebelum Menikah, ini Rambunya
Kenali beberapa hal penting apabila ingin menabung bersama pasangan sebelum menikah (Foto: pixabay/nattanan23)

BANYAK orang yang berpikir menabung bersama pasangan sebelum menikah merupakan hal yang penting. Namun, beberapa orang menanggap hal itu tidaklah penting.

Mengenai hal tersebut, relationship coach Lex dePraxis, menjelaskan bahwa sebelum memutuskan untuk menabung bersama pasangan sebelum menikah, sebaiknya pastikan bahwa pandangan terkait dengan keuangan antarkedua belah pihak sejalan.

Baca Juga:

Kenali Tanda Hubungan Asmaramu Masih Layak Dipertahankan

"Saran saya, kalau mau nabung bareng, bisnis bareng, dan segala macamnya, sabar dulu. Ngobrol dulu saja. Ngobrol tentang keuangan sebanyak-banyaknya dulu. Kalau memang sudah sejalan, frekuensinya sama, baru coba taruh uang bareng, bisnis bareng dan lain-lain," tutur Lex, dikutip ANTARA.

pastikan bahwa pandangan terkait keuangan antara kedua belah pihak sajalan (Foto: pixabay/stocksnap)

Lex menjelaskan memiliki tabungan atau investasi bersama pasangan bukan acuan untuk memiliki hubungan yang harmonis. Menurutnya, tabungan atau invetasi hanya sebuah alat untuk membantu membangun kedekatan finansial dengan pasangan. Hal yang terpenting adalah menyamakan 'frekuensi'.

"Kalau mikir 'enggak bikin tabungan bareng berarti enggak harmonis', bukan begitu. Itu hanya alat. Jadi samakan dulu frekuensinya. Kalau jelas sama, baru cari alat instrumen yang membantu membangun kedekatan finansial dengan pasangan," tambah Lex.

Menurut Lex, banyak orang yang menjalani hubungan serius, kemudian membuat simbol-simbol yang menunjukkan keseriusan. Seperti halnya bisnis bersama, membuat tabungan bersama, dan membicarakan pernikahan. Lex melihat bahwa hal itu terlalu cepat.

Lex berpendapat keterbukan tentangan keuangan juga perlu dilakukan hubungan, tapi tidak disarankan memaksa pasangan untuk terburu-buru membuka diri tentang finansial masing-masing.

Bercerita tentang finansial pribadimu terlebih dahulu, agar obrolan mengalir (Foto: pixabay/pexels)

Lex menyarankan, hal pertama yang bisa dilakukan, yaitu bercerita tentang finansial pribadi. Dengan begitu, obrolan akan mengalir, sehingga kedua belah pihak bisa mengetahui informasi finansial pasangan.

Baca Juga:

5 Tips Dahsyat Agar Hubungan Asmara Kamu Langgeng dan Harmonis

Namun, apabila kamu memiliki pasangan yang tertutup, sebaiknya memberikan waktu kepada pasanganmu untuk bisa membuka diri, jangan memaksakan kehendak.

"Kalau kamu sudah terbuka soal keuangan, tapi dia diam saja, mungkin ada kebiasaan dari kecil. Dia tidak terbiasa membicarakan itu. Atau ada pengalaman masa lalu dimana dia cerita, dipakai untuk senjata mempermalukan dia, dan lain-lain. Jadi ada banyak alasan mengapa pasangan nggak bisa terbuka tentang hal-hal yang menurut kita gampang," jelas Lex.

Untuk itu, solusi yang tepat menuru Lex, yaitu jangan terbuu-buru merasa tidak cocok dan bubar. Ajaklah pasanganmu ngobrol terlebih dahulu, contohnya seperti topik tentang finansial dari media sosial bersama pasangan. Ajaklah dia mengobrol secara perlahan, apabila dia merasa hubungannya bersamamu berharga, dia akan ikut dalam obrolan tersebut. Jadi, berikanlah dia waktu untuk menyesuaikan diri denganmu. (Ryn)

Baca Juga:

Zodiak ini Selalu Apes dalam Hubungan Asmara

#Finansial #Menabung #Pasangan #Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan