Perhatikan Hal-Hal Ini agar Ban Tubless Sepeda Motor Kamu Awet Sepeda motor besar biasanya menggunakan ban tubless. (Foto: Pixabay/cuncon)

KENDARAAN pribadi wajib mendapatkan perawatan lebih. Tak hanya cek secara berkala, tapi kamu juga harus mengerti bagaimana merawat kendaraan atau bagian-bagiannya dari kerusakaan. Salah satunya dalam perawatan ban.

Nah, ban model "tubeless" kerap menjadi pilihan bagi pengendara sepeda motor karena beberapa keunggulan yang dimiliki dibandingkan ban model biasa. Bagaimana merawatnya?

Ban model tubeless memerlukan perhatian khusus dari para pengendara sepeda motor. Tujuannya agar usia pakai ban "tubeless" motor menjadi lebih awet dan tahan lama.


1. Rajinlah cek angin ban tubless

Ban tubless harus sering dicek anging. (Foto: Pixabay/NaNaWe)
Ban tubless harus sering dicek anging. (Foto: Pixabay/NaNaWe)

Perawatan ban "tubeless" di antaranya harus rajin pengecekan angin alau pengin usianya awet dan kuat. Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa tidak ada batas maksimum penambalan pada ban "tubeless" jika terjadi kebocoran.

"Tergantung ukuran bocor. Kalau bocornya di samping dan susah ditambal itu harus diganti. Kalau jumlah tambalan sih relatif, tapi kalau terlalu banyak juga harus diganti," ucap Muhamad Sobari (19), mekanik Planet Ban Bekasi seperti dikutip Antara.


2. Mengisi angin dengan nitrogen lebih awet

Mengisi ban tubless dengan nitrogen lebih awet. (Foto: Pixabay/noxignis)
Mengisi ban tubless dengan nitrogen lebih awet. (Foto: Pixabay/noxignis)

Tak jauh berbeda juga diungkapkan Sulung (20) dari Klinik Ban. Dia juga menyarankan agar pengendara sepeda motor mengisi angin ban "tubeless"dengan nitrogen agar lebih awet.

"Kalau nitrogen anginnya murni enggak ada uap air. Kalau angin biasa kan dari kompresor dan ada uap air. Kalau angin biasa bannya cepat panas dan membuat pantulannya keras," jelas Sulung.

Sulung juga mengatakan untuk memperhatikan beban yang diangkut oleh sepeda motor. Jika terlalu membawa beban berat akan berpengaruh pada usia pakai ban "tubeless" yang menjadi lebih singkat.

"Kalau sehari-hari bawa beban enggak terlalu berat bisa awet. Kalau beban berat pengaruh ke tekanan ban dan bisa cepat tipis," tutup Sulung. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH