Perhatikan Bahan Pembuatan Bantal untuk Kenyamanan Tidur Pilih bantal yang sesuai dengan kenyamanan dan kesehatan. (Foto: Unsplash/Morgan Lane)

BANTAL sangat penting untuk menunjang kenyamanan tidur. Tapi, jika kamu salah memilih atau menggunakan bantal, bisa-bisa mengganggu kualitas tidur. Oleh karenanya, sebelum membeli bantal, lebih baik kamu mencari-cari dan mempertimbangkan dulu bahan dasar pembuatannya atau isi bantalnya.

Bantal yang nyaman digunakan, hendaknya mampu membuat penggunanya nyaman dan mudah terlelap. Saat ini, banyak sekali desain bantal yang dijual dengan aneka motif, bahkan tersedia jasa custom bantal. Sebelum memilih desain kesukaanmu, ketahui dulu apa saja bahan isian pada bantal yang menurut kamu nyaman untuk menunjang waktu tidurmu.

Baca Juga:

Lansia Memiliki Waktu Tidur Lebih Singkat

1. Dacron

bantal
Dacron biasa digunakan untuk isian boneka dan bantal karena ringan dan mengembang (Foto: [email protected])

Dacron, bahan sintetis yang cukup banyak digunakan dalam kebutuhan tekstil. Biasanya digunakan untuk isian boneka dan bantal, agar terlihat lebih berisi dan rapi. Dengan bobot ringan, material ini bisa menjadi bahan alternatif untuk menggantikan kapas dan kapuk.

Material ini terbuat dari serat plastik yang sangat halus. Meskipun terlihat mampu mengisi ruang-ruang yang ada. Namun ketika divakum atau dipres dapat mengecil lebih dari setengah ukurannya. Ketika vakum dilepas akan kembali ke bentuk semula.

2. Kapuk dan kapas

bantal
Bantal bahan kapas dan kapuk paling umum di pasaran karena bahannya mudah didapat. (Foto: [email protected]_nashrullah_jamaludin)

Kapuk dan kapas menjadi bahan pengisi bantal dan kasur yang paling umum digunakan. Bahan ini dinilai cukup kuat menahan beban dan ketebalannya bisa disesuaikan. Biasanya jika bantal menggunakan bahan ini, untuk mengatur ketebalannya, kamu pasti menepuk-nepuk untuk mengatur bentuknya supaya nyaman.

Hanya saja, kekurangan dari bahan ini, mudah berdebu dan dapat menjadi sarang tungau yang mengakibatkan gangguan kulit dan pernafasan. Jadi jika bantal dan kasurmu terbuat dari bahan ini, disarankan untuk sering membersihkan sebelum tidur atau bisa menjemurnya seminggu satu atau dua kali. Ditambah, bahan ini menyimpan kelembapan, jadi lama kelamaan jika sering digunakan, akan memadat dan keras.

3. Lateks

bantal
Latex terbuat dari getah asli pohon karet yang diolah hingga siap digunakan (Foto: Retedpillow.com)

Lateks berasal getah pohon karet. Teksturnya kenyal dan lembut. Bantal latex umumnya memiliki lubang-lubang sebagai pengatur kekenyalan bantal. Dalam perkembangannya muncul lateks sintetis yang terbuat dari styrene-butadiene rubber (SBR). Lateks sintetis memiliki kelembutan dan kekenyalan yang mirip dengan yang alami. Bedanya lateks sintetis cenderung kurang awet jika dibandingkan yang alami. Lateks natural umunnya memiliki sifat antibakteri dan antitungau, ini karena kandungan getahnya yang cukup tinggi.

Baca Juga:

Terobsesi Makanan Sehat? Bisa Jadi Penderita Orthorexia Nervosa

4. Memory foam

bantal
Memory foam dapat dengan cepat menyerap keringat, jadi lebih baik digunakan di ruang ber-AC (Foto: detimmermanrotterdam.nl)

Disebut memory karena bahan ini membutuhkan waktu untuk ke bentuknya semula setelah mendapatkan tekanan. Bantal ini terbuat dari busa vicoelastic polyurethane yang padat. Awalnya bahan ini akan digunakan pada tempat duduk astronot, tapi batal. Konon busa ini mampu mengurangi gaya gravitasi. Terutama saat pesawat roket lepas landas. Toh, teknologinya kemudian digunakan pada bantal, kasur, dan guling.

Bantal dari material ini sebaiknya digunakan di ruang berpendingin udara (AC) karena bahannya menyerap keringat. Kelebihannya bahan ini anti bakteri, anti jamur, dan tidak menyerap debu. Sehingga aman untuk digunakan oleh orang-orang yang memiliki alergi dan pengidap asma.

5. Bulu angsa

bantal
Bulu angsa terkenal karena kelembutannya dan juga harga yang cukup tinggi (Foto: [email protected])

Bantal ini adalah bantal paling mahal. Ada dua jenis bulu yang menjadi pengisi, yaitu bulu bagian leher atau down yang sangat halus dan bulu bagian dada (feather) yang mengandung tulang. Semakin tinggi kandungan downnya, semakin mahal harganya. Tercatat di salah satu aplikasi belanja online, bantal ini dijual dengan kisaran harga Rp350 ribu hingga lebih dari Rp1 juta.

Sebagai bahan organik, bulu angsa menghasilkan debu dan menjadi tempat tinggal tunggu. Sehingga bahan ini tidak dianjurkan untuk orang yang mengidap alergi. Namun, dari segi kenyamanan, bahan ini terasa lebih lembut. Semain banyak kandungan bulu halus angsa, maka semakin bagus kualitasnya. (rzk)

Baca Juga:

Kerja dari Rumah, saatnya Mulai Gaya Hidup Sehat

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pesan Semangat dari Yura Yunita lewat Single 'Mulai Langkahmu'
ShowBiz
Pesan Semangat dari Yura Yunita lewat Single 'Mulai Langkahmu'

Bernuansa energik, Yura menyampaikan banyak pesan positif pada lagu teranyar ini.

‘The Crown’ dan ‘The Mandalorian’ Memimpin Nominasi Emmy
ShowBiz
‘The Crown’ dan ‘The Mandalorian’ Memimpin Nominasi Emmy

Ini merupakan tahun yang penuh gejolak bagi TV, industri hiburan.

Film Halloween Terbaik yang Tidak Bergenre Horor
ShowBiz
Film Halloween Terbaik yang Tidak Bergenre Horor

Kamu bisa kok menonton film tentang Halloween tanpa harus ketakutan melihat hantu atau monster menyeramkan.

UD Truck Quester Euro 5 Dibekali Teknologi Canggih, Bisa Pakai Bio Solar
Hiburan & Gaya Hidup
UD Truck Quester Euro 5 Dibekali Teknologi Canggih, Bisa Pakai Bio Solar

UD Truck Quester Euro 5 kini dibekali teknologi canggih. Bahkan, truk ini bisa menggunakan bahan bakar Bio Solar.

Beli Jamu Makin Mudah dengan Dompet Digital
Fun
Beli Jamu Makin Mudah dengan Dompet Digital

Beli jamu tidak perlu menggunakan uang tunai.

Bersihkan Meja Riasmu dari Makeup dan Skincare Kedaluwarsa
Fun
Bersihkan Meja Riasmu dari Makeup dan Skincare Kedaluwarsa

Produk perawatan kulit dan riasan memiliki batas masa simpan.

Kolaborasi Supreme dan Vans untuk Koleksi Fall
Fashion
Kolaborasi Supreme dan Vans untuk Koleksi Fall

Merilis sneakers Half Cab dan Old Skool.

Alasan Ilmiah Seseorang Tidak Cukup Pada Satu Pasangan
Fun
Alasan Ilmiah Seseorang Tidak Cukup Pada Satu Pasangan

Psikologis orang yang tidak cukup dengan satu pasangan

Intip Satelit Serbaguna Hasil Kolaborasi PSNT dan AIIB
Fun
Intip Satelit Serbaguna Hasil Kolaborasi PSNT dan AIIB

Satelit serbaguna ini akan hadir untuk warga Indonesia di pelosok.