Kesehatan

Perhatikan Asupan Makanan Saat Hendak Tidur

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 18 Januari 2018
Perhatikan Asupan Makanan Saat Hendak Tidur
Jangan konsumsi alkohol sebelum tidur. (Foto: welayatnet)

MAKAN dan minum di malam hari jelang tidur rupanya tetap diperkenankan. Makan menjelang waktu istirahat dapat membuat kita tidur lelap. Walau demikian, kita tetap harus memperhatikan asupan saat malam hari. Beberapa makanan tak tepat dikonsumsi pada malam hari. Berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat malam hari

Sayuran Brasika

Beberapa sayuran brasika seperti kol, brokoli, kembang kol merupakan jenis sayuran yang sebaiknya dihindari di malam hari. Sayuran brasika akan membuat sistem pencernaan kita terus bekerja meski kita sedang tertidur. Hak tersebut tentu membuat tubuh kita tak nyaman dan menyebabkan tidur tak nyenyak.

Alkohol

Sejumlah minuman alkohol seperti anggur merah atau bir dapat membuat kita tak sadarkan diri. Namun, meminum alkohol sebelum beranjak tisur dapat mengganggu tidur. Menurut dokter di American Academy of Sleep Medicine, Mark J Muehlback mengonsumsi alkohol sebelum tidur menyebabkan kita terbangun di tengah malam.

Kafein

Ahli Gizi, Lindsey Joe menganjurkan kita untuk menghindari kopi dan teh jika ingin tidur terlelap di malam hari. Bagi para pecinta kopi dan teh disarankan untuk mengonsumsi maksimal 300 miligram kopi atau teh. Ganti dengan teh herbal jika memiliki kebiasaan minum teh saat malam hari.

Pedas

Pakar kesehatan sepakat melarang konsumsi makanan pedas jelang tidur. Makanan pedas dapat mengganggu istirahat dan lebih buruk lagi, dapat menyebabkan sakit perut saat malam hari. Sakit perut di malam hari dapat membuat tidur kita menjadi tak nyaman. (avia)

#Makanan Sehat
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan