Perhatikan 3 Hal ini Kalau Kamu Sering Pakai Perhiasan! Jenis kulit sensitif biasanya rawan alergi bila memakai perhiasan logam tertentu. (Foto: Pixabay/jamesdemers)

PERNAHKAH kamu mengalami kulit kemerahan dan terasa gatal setelah memakai perhiasan? Jika iya, keadaan tersebut biasa dikenal dengan alergi kulit yang terjadi terhadap jenis metal tertentu.

Perhiasan sangat jamak dipakai oleh perempuan untuk menunjang penampilannya. Terlebih jika menginginkan tampilan yang sedikit glamor. Tidak heran jika jewelry rash menjadi masalah yang sering dihadapi para perempuan. Apalagi jika perhiasan tersebut baru dan belum pernah dipakai sebelumnya. Laman Go Dok memberikan 3 tips yang dapat kamu pakai.

Kulit sensitif

perhiasan
Perhatikan kulit kamu sebelum memakai perhiasan. (Foto: Pixabay/andreas160578)


Setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda-beda terhadap metal, seperti alergi atau reaksi kulit lainnya. Jadi, apabila kulit kamu bereaksi terhadap perhiasan yang digunakan, lebih baik segara mencari tahu bahan apa yang terkandung pada perhiasan tersebut untuk tindakan pencegahan kelak. Salah satu tips yang di sarankan adalah memiliki cairan uji coba logam. Cairan tersebut dapat kamu gunakan untuk mengetahui apabila ada campuran-campuran bahan yang tidak dinginkan pada perhiasan tersebut. Cara pengaplikasikan cairan ini sangatlah mudah yaitu hanya dengan mengoleskannya kepada perhiasan yang diuji dan apa bila warnanya berubah. Maka adanya kandungan bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit kamu.


Jaga kulit kamu tetap kering

perhiasan
usahakan kulit di sekitar perhiasan kering. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

Pastikan kulit kamu tidak dalam keadaan basah seperti terkena air atau keringat waktu memakai perhiasan. Bila memakai dalam keadaan kulit basah akan menyebabkan gatal-gatal dan kemerahan.


Gunakan perhiasaan yang berkualitas

perhiasan
Hindarilah menggunakan perhiasan yang berkualitas rendah. (Foto: Pexels/Zack Jarosz)

Hindarilah menggunakan perhiasan yang berkualitas rendah. Karena lapisan atas dari perhiasan tersebut dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit kamu lo. Contohnya seperti bahan nikel yang selain murah untuk dibuat menjadi perhiasan. Perhiasan berbahan nikel biasanya tahan lama dan menghasilkan tampilan yang terbaik.

Demikian juga dengan platina yang sangat ramah terhadap kulit. Platina dapat digunakan bagi yang memiliki kulit yang sensitif, dan juga tidak menyebabkan alergi. (gsl)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH