Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Berlangsung Singkat

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 14 November 2022
Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Berlangsung Singkat
Presiden Jokowi meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo bersama Presiden UEA Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan, Senin (14/11). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Presiden Jokowi meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dan menanam pohon bersama pangeran UEA sekaligus Presiden UEA Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan, Senin (14/11).

Masjid ini merupakan hadiah dari Presiden UEA Mohamed Bin Zayed untuk Jokowi. Rangkaian acara peresmian berlangsung begitu singkat.

Baca Juga:

Jokowi Resmikan Masjid Sheikh Al Zayed di Solo

Pantauan MerahPutih.com, Presiden Jokowi dan Presiden Mohamed Bin Zayed tiba di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo pukul 07.20 WIB. Keduanya naik satu mobil Mercedes-Benz warna hitam dengan plat merah bertuliskan UEA.

Tampak depan mobil terdapat bendera dua negara. Kedatangan kedua presiden ini disambut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Menhan Prabowo Subianto. Selain itu, juga ada Menteri BUMN Erick Thohir, Yenny Wahid, Gubernur Jawa Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen.

Setibanya di masjid, Jokowi dan Mohamed Bin Zayed langsung menuju ke dalam masjid melakukan penandatanganan prasasti secara tertutup. Keduanya keliling masjid melihat kemegahan masjid selama 30 menit.

Setelah itu, keduanya keluar masjid menuju halaman untuk melakukan penanaman pohon bersama. Acara peresmian diakhiri dengan foto bersama Presiden Jokowi dan Presiden UEA Mohamed Bin Zayed.

Presiden Jokowi meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo bersama Presiden UEA Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan, Senin (14/11). (MP/Ismail)

Jokowi dan presiden UEA meninggalkan lokasi acara pukul 08.00 WIB menuju ke kediaman Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo untuk makan pagi bersama.

Kedua pemimpin negara ini selanjutnya akan terbang bersama ke Bali pukul 09.00 WIB dari Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo untuk menghadiri KTT G20 Bali.

Ditemui usai peresmian, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan melihat langsung Masjid Raya Sheikh Zayed Solo sangat luar biasa. Ia menegaskan Ini bisa menjadi hubungan baik kedua negara Islam terbesar di dunia.

"Luar biasa hubungan diplomatik diwujudkan dalam pembangunan masjid," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Warga Soloraya Penasaran dengan Kemegahan Masjid Raya Sheikh Zayed

#Masjid #Presiden #Presiden Joko Widodo #Uni Emirat Arab
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan