Perempuan, Pertajam Daya Ingat dengan Rutin Bercinta Membantu neurogenesis atau pertumbuhan sel-sel otak baru di area otak bernama hippocampus. (Foto: Pixabay/Takmeomeo)

ADA banyak cara yang dilakukan orang untuk mempertajam daya ingat mereka. Misalnya seperti rutin meminum kopi di pagi hari. Beberapa orang juga rutin berolahraga untuk menjaga kualitas daya ingat mereka. Bahkan ada yang rutin mengonsumsi salmon. Karena kandungan Omega-3 pada salmon bermanfaat untuk mempertajam kemampuan otak.

Namun, ada cara yang mudah banget untuk meningkatkan daya ingatmu. Bahkan cara ini benar-benar nikmat. Ya, cukup dengan rutin berhubungan seks, kamu bisa meningkatkan daya ingatmu. Demikian dilansir dari laman Woman's Day.

Baca Juga:

Perempuan Ingin Pria Sering-Sering Melakukan 3 Hal Ini saat Bercinta

cinta
Perempuan yang rutin bercinta dengan penetrasi menunjukkan tanda-tanda memori verbal yang lebih baik. (Foto: Pixabay/Free-photos)

Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan di Archives of Sexual Behavior pada tahun 2016.
Para peneliti menemukan hubungan antara seks dengan memiliki ingatan yang lebih baik. Terutama ketika menyangkut pengenalan kata. Dalam studi khusus ini, perempuan yang rutin bercinta dengan penetrasi menunjukkan tanda-tanda memori verbal yang lebih baik daripada perempuan yang jarang bercinta.

Untuk melakukan penelitian ini, para peneliti dari Universitas McGill meminta 78 perempuan berusia antara 18 dan 29 tahun untuk mengisi kuesioner tentang perilaku seksual mereka. Sebelum kemudian mereka semua disuruh menghafal kata-kata acak dan foto wajah pada sebuah komputer.

Para peserta kemudian melihat campuran foto-foto baru dan lama. Lalu mereka diminta untuk mengidentifikasi kata-kata dan wajah yang sebelumnya telah ditunjukkan kepada mereka. Setelah menganalisis hasil, para peneliti melihat hasil yang cukup menarik. Ya, perempuan yang rutin bercinta memiliki ingatan lebih baik dalam menghafal kata-kata dan wajah pada foto-foto yang telah diberikan tadi.

Baca Juga:

Bukan Dada, Ini Bagian Tubuh Perempuan yang Membuat Pria Tergila-Gila

cinta
Perempuan yang rutin bercinta memiliki ingatan lebih baik dalam menghafal kata-kata. (Foto: Pixabay/Disarm

Namun, para peneliti tidak menemukan hubungan antara frekuensi seks dalam kemampuan mengingat. Artinya mereka percaya ini terjadi karena kualitas seks yang dilakukan melalui penetrasi. Seks penetrasi atau jenis stimulasi lainnya dapat membantu neurogenesis atau pertumbuhan sel-sel otak baru di area otak bernama hippocampus yang bekerja untuk mengingat sesuatu.

Studi ini hanya melihat ingatan jangka pendek, tetapi penulis studi Jens Pruessner, PhD, mengatakan ia percaya seks juga bisa bermanfaat untuk daya ingat jangka panjang. Selain itu, Dr Pruessner juga mengatakan seks dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif lainnya yang terpusat di hippocampus. Seperti kemampuan bernavigasi atau mengingat arah.

Meskipun begitu, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan. Termasuk fakta bahwa sampel penelitian masih terlalu kecil dan data perilaku seksual dilaporkan sendiri oleh para peserta. Sehingga diperlukan lebih banyak penelitian lagi. Tapi, tidak salahnya bukan kalau kamu mencoba untuk rutin bercinta? (ikh)

Baca Juga:

Beberapa Alasan Mengapa Orang Terobsesi dengan Bercinta

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH