Teknologi
Perempuan Perlu Waspada Terhadap Kejahatan Siber Kejahatan siber mengancam siapapun, termasuk perempuan. (Foto: Unsplash/FLY:D)

KOMPUTASI awan atau yang dikenal dengan Cloud kini kian diandalkan dalam mendukung pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Apalagi inovasi-inovasinya mampu memberdayakan semua kalangan, termasuk perempuan. Demikian disampaikan oleh Yenty Joman, Director Government Affairs Huawei Indonesia.

Yenty juga mengemukakan bahwa teknologi digital tersebut hendaknya dimaksimalkan secerdas mungkin agar mampu menghadirkan manfaat dan mereduksi potensi ancaman siber seoptimal mungkin. Ia juga ingin perempuan Indonesia makin berdaya berkat optimalisasi pemanfaatan inovasi digital berbasis Cloud secara cerdas dan aman.

Baca juga:

Cyber Security Butuh Pekerja Perempuan Supaya Lebih Efektif

"Penting bagi kami untuk terus bekerja sama dengan para pemangku kepentingan seperti pemerintah, BSSN, industri, dunia pendidikan, serta komunitas dalam meningkatkan literasi keamanan siber di kalangan perempuan," papar Yenty dalam rilis pers yang diterima merahputih.com.

Perempuan perlu memiliki kesadaran tinggi terhadap perilaku yang rentan terhadap ancaman siber. (Foto: Unsplash/Sincerely Media)

Yenty melihat perlunya perempuan memiliki kesadaran tinggi terhadap perilaku-perilaku yang aman dan sekaligus rentan terhadap ancaman siber. Menjaga kerahasiaan password, serta tidak sembarang meng-klik link-link yang tersebar lewat aplikasi, email, atau web, perlu dijadikan kebiasaan bagi perempuan demi terhindar dari ancaman siber.

Menurutnya perlu diupayakan perilaku cyber-hygiene, yaitu perilaku yang selalu waspada dan tidak sembarang mengakses konten-konten dari sumber yang untrusted, hingga selalu menjaga kerahasiaan nomor-nomor pribadi yang penting. Dengan cara tersebut, penggunaan Cloud akan membawa dampak optimal untuk mendukung produktivitas dan pemberdayaan perempuan.

Baca juga:

Sudah Saatnya Perempuan Mengenal Teknologi

"Kami akan secara aktif memonitor trafik yang mencurigakan, mendeteksi potensi serangan, memberi notifikasi kepada tenant serta membantu tenant mengatasi insiden-insiden intrusi," papar Yenty. Ia juga menambahkan pihaknya akan memberikan konsultasi keamanan agar kejadian-kejadian tersebut dapat segera diidentifikasi secara realtime.

Data lebih berharga daripada minyak. (Foto: Unsplash/Markus Spiske)

Sementara itu, Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian, Ketua Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyebutkan bahwa dunia siber tidak saja rentan kejahatan terhadap perempuan, tetapi untuk semua warga Indonesia. Banyak kejahatan siber terjadi seperti pencurian data yang merupakan jenis kekayaan baru bangsa yang dinilai lebih berharga dari minyak.

Hinsa mengatakan bangsa Indonesia harus siap siaga menghadapi ancaman kejahatan siber termasuk kejahatan penyalahgunaan data. “Dalam bidang pertahanan keamanan, kita juga harus tanggap dan siap menghadapi perang siber," ujarnya. (ikh)

Baca juga:

5 Perempuan yang Mampu Menjadi CEO Perusahaan Ternama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Dracula Simia, Anggrek  dengan Wajah Monyet
Hiburan & Gaya Hidup
Dracula Simia, Anggrek dengan Wajah Monyet

Mimikri tanaman angrek ini menarik lalat agas jamur.

Merawat Rambut Rusak selama Beraktivitas di Rumah
Fashion
Merawat Rambut Rusak selama Beraktivitas di Rumah

Tips memelihara rambut sehat dengan bahan-bahan alami.

Menparekraf  Apresiasi Influencer yang Ajak Pengikutnya untuk di Rumah Saja
Fun
Menparekraf Apresiasi Influencer yang Ajak Pengikutnya untuk di Rumah Saja

Sandiaga Uno berikan apresiasi Influencer yang Ajak Pengikutnya Untuk di Rumah Saja

Bagaimana Cara Mengetahui Asuransi Mobil yang Baik?
Fun
Bagaimana Cara Mengetahui Asuransi Mobil yang Baik?

Sama seperti manusia, mobil juga butuh asuransi.

Pentingnya Suntikan Vaksin Kedua COVID-19
Fun
Pentingnya Suntikan Vaksin Kedua COVID-19

Jadwal pemberian vaksin kedua COVID-19 harus dipatuhi.

Breeze, Peta Terbaru di VALORANT
Fun
Breeze, Peta Terbaru di VALORANT

Arena keren bertemakan pantai tropis.

Sibuk Kerja, Berat Badan IU Terus Turun
ShowBiz
Sibuk Kerja, Berat Badan IU Terus Turun

Tidak punya waktu untuk makan.

Kasur Berkualitas Kunci Tidur Sehat
Hiburan & Gaya Hidup
Kasur Berkualitas Kunci Tidur Sehat

Memilih kasur yang baik jadi kunci untuk mendapatkan tidur yang sehat.

Olahraga OK, Gaya tetap Cetar
Fashion
Olahraga OK, Gaya tetap Cetar

Olahraga dan gaya haruslah sejalan.

Celana Jojon, dari Culun jadi Hits
Fashion
Celana Jojon, dari Culun jadi Hits

Punya ciri khas dan identitas yang begitu melekat.