Perempuan, Perhatikan Hal ini saat Melakukan Solo Traveling Para perempuan, jangan ragu untuk melakukan solo traveling. (foto: pexels/leon martinez)

TIDAK sedikit orang yang menyukai solo traveling. Survei yang dilakukan Booking.com mengungkapkan 65% perempuan lebih senang berlibur sendirian. Memang mengemasi barang untuk berlibur sendiri merupakan hal yang sangat menggairahkan.

Namun jika kamu baru melakukannya, solo traveling akan menjadi tantangan untukmu. Meskipun demikian, jangan biarkan tantangan itu menghalangimu. Berikut beberapa tips bagi para perempuan yang ingin melakukan solo traveling, seperti dilansir The Blonde Board.

1. Cari tahu dan pesan terlebih dahulu

woman
Cari tahu tentang destinasi. (foto: pixabay/startupstockphotos)

Sebelum kamu pergi ke suatu tempat berlibur, pastikan kamu sudah mencari tahu tentang budaya, adat istiadat, pakaian, dan lain lain. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan hasil maksimal dari liburan kamu.

Selain itu, hal yang paling penting ialah pikiran yang jernih. Kamu pastinya tidak mau untuk mencari sebuah penginapan di larut malam atau saat jetlag. Pastikan kamu sudah mencari penginapan terlebih dahulu dan memesannya sebelum kamu berangkat berlibur, dan jangan lupa untuk mengasuransikan perjalanan kamu.

2. Yakinkan orang terdekat

people
Caption

Hal yang sangat sulit untuk melakukan solo traveling pertama ialah menjelaskan kepada orang terdekatmu. Kamu harus menjelaskan apa yang akan kamu lakukan di sana. Kamu akan mendapat reaksi yang mengejutkan dari orang terdekat kamu saat ingin solo traveling. Terutama orangtua.

Mereka akan sangat khawatir dengan kamu, pastinya mereka menginginkan agar kamu tidak pergi sendirian, cobalah untuk merencanakan sebuah percakapan dengan orang tuamu agar mereka mengizinkannya.

3. Lawan ketakutanmu

woman
Lawan ketakutanmu. (foto: vox)

Banyak tempat berlibur yang tidak bisa ditebak, menantang, sekaligus mempesona. Solo traveling itu tentang kamu ingin keluar dari zona nyamanmu, jangan biarkan kamu memiliki perasaan takut akan keselamatan, kesepian, atau terlantar saat pergi sendiri. Kekhawatiran itu tidak akan membuatmu menemukan jati dirimu. Bahkan jika kamu tidak yakin kamu harus memaksakannya.

4. Bawa barang secukupnya

travel
Bawa barang secukupnya. (foto: pexels/craig adderley)

Mungkin kamu ingin mencoba barang-barang yang kamu jarang gunakan sehari-harinya. Jika kamu membawa semua barang itu akan membuatmu terbebani karena beratnya. Hindarilah overpacking, misalny membuat daftar apa yang perlu saja untuk dibawa. Bawalah hanya beberapa kemeja, celana, dan celana pendek. Bawalah dua pasang sepatu yang bagus. Bawalah sepasang sendal kasual, jika kamu pergi ke tempat yang memiliki suhu cukup dingin jangan lupakan sepatu boot.

5. Pilih tujuan yang tepat

travel
Pilih destinasi ramah perempuan. (foto: pexels/digital5element)

Sebelum pergi pastikan tempat yang ingin kamu tuju adalah tempat yang aman bagi dirimu. Pilihlah kota atau daerah yang memiliki tingkat kejahatan rendah dan aman untuk perempuan. Dengan seperti itu kamu dapat menikmati liburan kamu tanpa perlu khawatir dengan kekerasan atau perampokan.(ape)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH