Perempuan Muda Rentan Terkena Serangan Jantung? Perempuan muda berisiko terkena serangan jantung (Foto: Pexels/Joao Jesus)

SERANGAN jantung itu memang mengerikan. Bisa menyerang secara tiba-tiba. Enggak peduli kamu perempuan atau pria. Kamu sama-sama bisa berisiko terkena serangan jantung. Namun, penelitian terbaru mengatakan perempuan muda lebih rentan terkena penyakit jantung.

Mengutip dari Health, hal tersebut dibuktikan melalui jurnal imliah daring bernama Circulation. Disebutkan di jurnal itu perempuan enggak memiliki kemajuan dalam hal menjalani hidup dengan jantung sehat.

1. Kemungkinan besarnya karena obesitas

Obesitas berkaitan dengan hipertensi dan diabetes (foto: Pexels/Pixabay)

Sejak tahun 1995 pasien penyakit serangan jantung meningkat. Menariknya di saat bersamaan pasien diabetes dan hipertensi ikut meningkat. Di Amerika sendiri perempuan muda yang rentan terkena serangan jantung ialah yang berkulit hitam.

Menurut Melissa Caughey, PhD, seorang instruktur penelitian di UNC School of Medicine, penyebab hipertensi dan diabetes itu berkaitan dengan obesitas. "Terutama perempuan kulit hitam cenderung memiliki tingkat obesitas lebih tinggi daripada laki-laki," katanya.

2. Risiko serangan jantung meningkat setelah menopause

Risiko serangan jantung meningkat setelah perempuan mengalami masa menopause (Foto: Pexels/PETRA BAUMAN)

Sebenarnya tingkat kemungkinan perempuan muda terkena serangan jantung rendah.Tapi yang pasti. Perempuan akan rentan terkena serangan jantung setelah masa menopause. Perempuan yang depresi atau mengalami pasca trauma juga berisiko terkena serangan jantung.

Jika memang perempuan muda rentan terkena serangan jantung. Kemungkinan besarnya ialah dikarenakan obesitas. Jadi semua kembali lagi ke pola makan sehat yang enggak dilakukan perempuan masa kini. "Ini adalah tanda peringatan bahwa mungkin perempuan dari generasi ini tidak sesehat generasi sebelumnya," ujar David Goff, MD, direktur Ilmu Kardiovaskular di the National Heart, Lung, and Blood Institute.

3. Jalani pola hidup sehat sejak dini

Mulailah banyak melakukan aktivitas fisik (Foto: Pexels/Luis Quintero)

Enggak ada salahnya menjalani pola hidup sehat sejak dini. Ini satu-satunya cara agar bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung. Mulailah lakukan banyak aktivitas fisik. Kemudian seimbangkan dengan mengonsumsi makanan sehat.

Atur juga pola makan kamu. Agar kamu enggak mengalami obesitas ke depannya. "Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk fokus pada gaya hidup sehat untuk memiliki jantung yang sehat," tukas Caughey.

Sahabat Merah Putih, intinya mau kamu perempuan atau pria. Kamu tetap memiliki risiko serangan jantung. Yang penting jalanilah gaya hidup yang sehat sejak dini ya. (ikh)

Baca juga: Tanpa Kamu Sadari Tiga Hal Ini Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH