Perempuan Milenial Minum Jamu? Kenapa Tidak Jamu memiliki beragam khasiat (Foto: Pexels/Mareefe)

WARISAN turun temurun nenek moyang ini masih akrab di telinga masyarakat. Jamu ialah ramuan tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahan jamu terbuat dari berbagai macam rempah semisal kunyit, asam Jawa, dan Temulawak.

Namun, di zaman milenium ini jamu seakan tidak dikenal lagi oleh kaum milenial. Terutama perempuan milenial. Resep dokter lebih menjadi pilihan mereka ketimbang mengonsumsi jamu.

Padahal, menurut Go Dok, khasiat jamu juga luar biasa seperti resep dokter. Nah bagi kamu perempuan yang ngaku milenial, harus minum jamu. Bingung mau minum jamu apa? berikut beberapa jenis jamu yang baik bagi kesehatan kamu.

1. Kunyit asam

Kunyit asam dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi (Foto: Pexels/Marta Branco)

Jamu ini bisa mengurangi rasa sakit saat kamu menstruasi. Selain itu kunyit asam juga dapat mengurangi bau badan lo. Enggak mengherankan juga karena kandungan Curcuma Domestica (kunyit) dan Tamarindu Indica L. (asam) juga terbukti dapat menurunkan level glukosa dalam darah. Hasilnya kandungan jamu tersebut dapat membantu penderita diabetes melitus.

Manfaat lain dari kunyit asam ialah untuk mengatasi keputihan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan tulang dan persendian. Kulit kamu juga bisa menjadi cerah dan membantu proses diet dengan mengonsumsi jamu ini.

2. Jamu uyup-uyup

Jahe ialah salah satu bahan dasar jamu uyup-uyup (Foto: Pexels/Pixabay)

Dari namanya saja pasti kamu tidak pernah mendengarnya. Padahal meskipun kurang populer jamu uyup-uyup memiliki banyak manfaat untuk kesehatan perempuan. Jamu ini dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu, jamu ini bisa menghilangkan bau badan ibu beserta bayinya.

Kamu juga bisa mengatasi kembung dengan mengonsumsi jamu uyup-uyup. Untuk mendapatkan khasiatnya, jamu ini terbuat dari bahan dasar mencampur kencur, jahe, temugiring, kunir, temulawak, bengle, laos, dan puyang.

3. Jamu galian singset

Jamu ini tersedia dalam kemasan instan (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Berbeda dengan jamu lainnya, jamu galian singset populer di kalangan perempuan muda. Sebab khasiat dari jamu ini bisa mengencangkan tubuh, dan merawat organ kewanitaan. Enggak tanggung-tanggung jamu ini terdiri dari 12 rempah tradisional seperti kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, kunyit, cengkeh, kapulaga, dan ketumbar. Tenang, enggak susah kok menemukan jamu ini, karena sudah banyak tersedia dalam kemasan instan.

4. Kunci sirih

Dengan bahan dasar daun sirih, jamu ini bisa mengatasi masalah keputihan (Foto: Pixabay/mayapujiati)

Berbahan kunci dan daun sirih, jamu ini dapat mengatasi masalah keputihan dan merapatkan bagian kewanitaan. Bahan lain seperti daun luntas, jahe, kencur, kapulaga, kayu manis, asam jawa, batang serai, gula merah, buah jeruk nipis, dan air garam terkadang ditambahkan untuk memperkaya rasa. Selain itu, kunci sirih juga dapat memperkuat gigi dan menghilangkan bau badan.

Bagaimana sahabat Merah Putih, mau pilih jamu yang mana? (ikh)

Baca juga: Minum Jamu Kuat Bikin Disfungsi Ereksi?

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH