Perempuan Juga Bisa Menggeluti Profesi Laki-Laki Perempuan yang menekuni profesi laki-laki (Foto: pexels/pixabay)

SEMUA profesi yang tersedia di lapangan kerja bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan. Sayangnya, perempuan kerap dipandang sebelah mata secara tampilan fisik. Biasanya terjadi karena beberapa faktor, seperti pekerjaan berat sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan oleh perempuan.

Seiring berjalannya waktu, kriteria pekerjaan perlahan membuka ruang bagi perempuan. Tetap menanggung beban besar dan berusaha keras, perempuan berusaha untuk lebih baik dan cekatan dibandingkan dengan laki-laki. Berikut ini beberapa profesi yang biasa dilakukan oleh laki-laki, tetapi juga bisa dilakukan oleh perempuan.

Baca juga:

Arti Perempuan Seutuhnya Bagi Nadine Chandrawinata

1. Profesi pilot

Perempuan Juga Bisa Menggeluti Profesi Laki-Laki
Beberapa maskapai mempekerjakan pilot perempuan (Foto: pexels/snapwire)

Umumnya, maskapai penerbangan lebih banyak mempekerjakan pilot laki-laki dan didampingi pramugari cantik. Namun, kini banyak pilot wanita yang berkecimpung dalam profesi ini. Diperkirakan sebanyak 4.000 pilot wanita dari 130.000 jumlah pilot di dunia yang pawai mengendalikan pesawat seperti yang dilansir dari laman aerotime.

Beberapa pilot wanita diantaranya Maria Pettersson, Maria Fagerstrom, Christa, Eva Claire Marseille, Michelle Gooris, Olivia, Lindy Kats, Eser aksan Erdogan, Allison Leeward dan masih banyak lagi. Pilot berparas cantik ini menggeluti profesi sebagai pilot sejak usia muda.

2. Seniman tato

Perempuan Juga Bisa Menggeluti Profesi Laki-Laki
Kini banyak perempuan yang pawai menato (Foto: safety health magazine)

Industri tato biasanya didominasi kaum laki-laki. Seiring perkembangan waktu, banyak wanita yang terjun dalam industri ini hingga dijadikan sebagai profesi. Kreativitas yang tidak memandang gender melahirkan banyak seniman tato perempuan yang tak kalah hebat.

Banyak seniman tato yang terkenal melalui media sosial, salah satunya adalah Miryam Lumpini. Banyak perempuan yang terlibat dalam pengaruh pergeseran nilai-nilai industri tato seperti yang dilansir dari laman inkedmag.

Baca juga:

Perempuan-Perempuan yang Piawai Mentato

3. Mahir sebagai insiyur

Perempuan Juga Bisa Menggeluti Profesi Laki-Laki
Perempuan bisa diandalkan dalam industri teknik (Foto: thebalancecareers)


Victoria Brown seorang wanita yang memiliki profesi sebagai asisten tim perawatan EDF Energy, pembangkit listrik tenaga nuklir Dugeness B. Meski biasanya profesi insiyur didominasi oleh kaum laki-laki, kini banyak wanita yang memiliki gelar sarjana teknik.

Tak hanya Victoria, masih banyak wanita yang menekuni profesi dunia teknik. Ada juga perempuan bernama Natasha Frost yang kini menjadi teknisi turbin angin di RWE Innogy, Rhos-on-Sea. Laman the guardian juga menyatakan kepiawaian mereka membuktikan bahwa perempuan dapat diandalkan dalam bidang teknik.

4. Perempuan petugas pemadam kebakaran

Perempuan Juga Bisa Menggeluti Profesi Laki-Laki
Perempuan berprofesi sebagai petugas pemadam kebakaran (foto: hurriyetdailynews)

Pekerjaan petugas pemadam kebakaran tak hanya sekadar memadamkan api, mereka juga mengatur proses evakuasi dan melakukan pelayanan masyarakat. Mempertaruhkan diri untuk menyelamatkan orang lain menjadi kewajiban utama petugas pemadam kebakaran.

Terlatih dengan gerak cepat tanggap, petugas pemadam kebakaran juga harus antisipasi diri terhadap bahan berbahaya selama proses evakuasi. Bekerja tanpa mengenal waktu, petugas pemadam kebakaran mendedikasikan sebagian hidupnya untuk profesi ini.

Profesi ini tidak diperuntukkan bagi orang yang takut ketinggian, ruang terbatas dan khawatir akan bahaya api. Meski begitu, profesi ini banyak diminati kalangan perempuan. Departemen Tenaga Kerja AS mengabarkan pada laman govtech, diperkirakan ada sekitar empat persen petugas pemadam kebakaran perempuan yang tersebar di seluruh Amerika. (dys)

Baca juga:

Cyber Security Butuh Pekerja Perempuan Supaya Lebih Efektif



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH