Perempuan Hamil Bolehkah Minum Wine? Perempuan hamil sangat dilarang mengonsumsi alkohol karena dapat mempengaruhi kehamilannya. (Foto: bbc)

JIKA hamil seorang perempuan harus berhadapan dengan berbagai pantangan yang tujuannya menjaga jabang bayi di perutnya. Mulai dari jenis makanan sampai minumannya, dari baju sampai ke sepatu. Pertanyaan yang sering terlontar adalah, bolehkah perempuan hamil minum anggur atau jenis minuman alkohol lainnya.

Pengaruh alkohol yang terserap dalam tubuh ibunya dan mengalir ke jabang bayi tak pernah ada yang mengetahuinya. Seperti yang dikatakan oleh Dr Jacques Moritz, direktur ginekolog di St. Luke’s-Roosevelt Hospital New York yang dituliskan pada lifehack, para ahli tak dapat mendeteksi seberapa jauh alkohol berpengaruh pada jabang bayi.

Dokter pun tak dapat menyebutkan periode yang aman bagi perempuan hamil mengonsumsi alkohol. Dokter selalu menyarankan untuk menghindari alkohol selama kehamilan.

Dikhawatirkan bila perempuan hamil mengonsumsi alkohol akan berpengaruh besar terhadap perkembangan janin di dalam rahim. Betapa tidak alkohol yang terlarut di dalam darah ibunya akan memasuki janin juga.

Kekhawatiran yang terjadi adalah akan terjadi ketidaksempurnaan di dalam perkembangan janin. Yang mungkin saja terdampak adalah perkembangan otak dan syaraf di dalam tubuhnya. Termasuk pula masalah fisik, syaraf dan psikologi. Pengaruh yang ada pada bayi akan dibawa terus sepanjang hidupnya. Namun bukan berarti bila si ibu dapat mengonsumsi alkohol setelah melahirkan. Bila si ibu memberikan ASI, sebaiknya menjauhkan diri dari alkohol. (psr)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH