Perempuan di Balik Sukses Kroasia Jadi Semifinalis Piala Dunia Iva Olivari, anggota skuat Kroasia di Piala Dunia Rusia 2018.

MerahPutih.com - Di setiap tim yang sukses selalu ada sosok penting di balik layar. Entah itu pemain veteran, asisten pelatih ataupun anggota skuat lain.

Pemain bintang selalu menerima segala pujian dan menjadi headline di media ketika timnya meraih sukses. Apalagi jika timnya bisa melaju hingga semifinal Piala Dunia. Namun sejatinya kesuksesan ini datang berkat kerja keras banyak pihak. Tidak sedikit muncul satu sosok pahlawan yang justru jarang diketahui banyak orang.

Timnas Kroasia misalnya yang sukses melaju ke semifinal setelah menekuk tuan rumah Rusia lewat adu penalti. Sebagai tim kuda hitam turnamen, Luka Modric dkk selalu mampu mempertontonkan permainan menawan tiap kali bertarung.

kroasia
Selebrasi timnas Kroasia (fifa.com)

Dari sukses Kroasia meraih tempat di empat besar, muncul sosok penting yang biasa duduk di bangku cadangan. Sosok itu adalah Iva Olivari. Dia adalah pionir menjadi perempuan pertama yang berada di bangku cadangan di Piala Dunia

Di timnas Kroasia, mantan juara tenis nasonal di level junior ini bertugas mengurusi logistik, menyusun rencana perjalanan tim, dan urusan lainnya. Olivari sudah bekerja untuk Federasi Sepak Bola Kroasia sejak 1992.

Bagi pemain Kroasia, Olivari sudah dianggap menjadi ibu tim. "Iva adalah seseorang yang hebat," ujar Danijel Subasic, kiper Kroasia, dikutip dari BolaSkor.com

"Dia selalu bersama kami. Dia seperti malaikat pelindung kami. Saya sudah mengenalnya selama sepuluh tahun. Tak mudah mengurusi kami para pemain. Kami semua mencintainya." (*/BolaSkor)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH