NOC Indonesia
Perempuan dalam Perjuangan Olahraga NOC Indonesia menggelar sebuah talkshow tentang perempuan dalam perjuangan olahraga (Foto: screen shot youtube @Olympic Channel of Indonesia)

NOC Indonesia menggelar talkshow bertajuk Perempuan dalam Perjuangan Olahraga melalui live instagram di akun @noc.indonesia mulai pukul 10.00-11.00 WIB hari ini, Sabtu (27/8).

Talkshow tersebut dihadiri oleh para pembicara yang kompeten di bidangnya masing-masing, yakni Catherine (founder NYX Pole Dance Studio sekaligus pole dancer), Susan Soebakti (Ketua Komisi Women in Sport NOC Indonesia), dan Ameera R A (atlet gymnastic).

Masing-masing pembicara membahas peran dan kiprah perempuan dalam olahraga. Catherine, misalnya, berbicara pengalamannya berkecimpung dalam pole dance. Dia telah memulai pole dance pada tahun 2015. Ketertarikan Catherine pada pole dance karena olahraga tersebut sangat artistik dan cukup menantang.

Catherine juga membeberkan banyaknya tanggapan negatif dan kontroversi di masyarakat tentang pole dance yang dianggap seksi serta dinilai mendiskreditkan perempuan. Terkait hal tersebut, Catherine menilai bahwa kata seksi saat ini tidak melulu hal yang negatif.

"Menurut saya, kata seksi sekarang itu bukan hal yang konotasinya negatif. Enggak melulu terbatas di perihal pakaian dan pergerakan, berbeda mungkin dengan sekitar 15 atau 20 tahun lalu yah," jelas Catherine.

Baca Juga:

Ketika Kreativitas dan Olahraga Saling Berkaitan

NOC Indonesia menggelar talkshow tentang perempuan dalam perjuangan olahraga. (foto: instagram @noc.indonesia)

Catherine menambahkan, nilai patriarki yang menempatkan lelaki pada posisi yang lebih tinggi daripada perempuan, turut menyudutkan para perempuan yang berkecimpung di pole dance. Ia berusaha mengikis anggapan tersebut melalui olahraga.

"Sementara kalau soal mendiskreditkan perempuan, saya rasa kita hidup di dunia yang sangat kental di budaya patriarki untuk mengapresiasi perempuan di segala bidang. Bukan hanya di bidang olahraga saja, itu sesuatu yang masih menjadi perjuangan kita semua."

Mengenai kostum untuk pole dance, Catherine menjelaskan bahwa ada alasan mengapa kostumnya dibuat seperti itu. Ini lantaran pole dance meniscayakan adanya kontak tiang dengan kulit. Apabila tidak ada kontak dengan kulit, bisa berisiko jatuh karena licin.

Menurut Catherine, perkembangan pole dance di Indonesia tergolong baik. Ini bisa terlihat dari bertumbuhnya komunitas pole dance di beberapa daerah seperti Jakarta, Bali, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan sebagainya.

Saat ini memang belum ada federasi nasional untuk pole dance. Catherine dan para komunitas pole dance tengah memperjuangkan itu.

Sementara itu, mengenai pole dance, Susan Soebakti menjelaskan bahwa Komite Olimpiade Internasional memiliki misi atau program untuk gender equality dalam Olympic Movement.

"Ini (pole dance-Red.) termasuk cabang olahraga yang bagus. Dengan adanya banyak komunitas pole dance, diharapkan federasi pole dance di Indonesia segera terbentuk," jelas Susan Soebakti.

Susan menjelaskan bahwa selama ini banyak konotasi negatif soal pole dance. Padahal pole dance termasuk olahraga yang bisa membentuk dan melatih kelenturan otot-otot tubuh dan menghilangkan stres.

Catherine menyebutkan bahwa seksi tidak melulu berkonotasi negatif. (Foto: screenshot youtube @Olympic Channel of Indonesia)

Baca Juga:

Inspirasi Perempuan di Dunia Olahraga dalam Webinar 'The Bright Future Awaits'

Ameera R A menuturkan bahwa pole dance sepertinya cukup sulit dilakukan. "Enggak pernah pole dance sih. Tapi, meski sering gymnastic, kayaknya susah yah. Karena aku kan sudah pernah megang kayak besi terus lebih lebar tapi horizontal dan lebih kecil diameternya," jelas Ameera.

Bagi kamu yang ingin belajar pole dance, Catherine menjelaskan bahwa pole dance sama seperti olahraga lain. Bisa dilakukan dari berbagai rentang usia dan bentuk tubuh yang berbeda, termasuk untuk big size.

"Enggak ada syarat tertentu, yang penting mau aja. Yang diperlukan pertama kali yang pasti niat dan kemauan," tutur Catherine.

Untuk yang ingin belajar pole dance, Catherine mengungkapkan biaya untuk sekali pertemuan rerata Rp 250 ribu. Tersedia juga sejumlah paket untuk pole dance di NYX Studio. Untuk genre-nya, kamu bisa memilih dance atau olahraga, sesuai dengan keinginanmu. (Ryn)

Baca Juga:

Ini Alasan Utama Mikha Tambayong Tak Pernah Absen Olahraga

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tren Riasan Kedinginan ala Tiktok
Hiburan & Gaya Hidup
Tren Riasan Kedinginan ala Tiktok

Memiliki sisi cute ketika diaplikasikan.

Rusia-Ukraina Memanas, DICE Tunda Event Skin Helikopter di Battlefield 2042
Fun
Rusia-Ukraina Memanas, DICE Tunda Event Skin Helikopter di Battlefield 2042

DICE menarik event challenge mingguan yang berhadiah skin terbaru untuk faksi Rusia.

Foo Fighters akan Mengguncang Metaverse
ShowBiz
Foo Fighters akan Mengguncang Metaverse

Meta mempersembahkan Foo Fighters untuk guncang metaverse.

Indische Party Berdansa Kembali Lewat Single ‘The Highest Stars’
ShowBiz
Indische Party Berdansa Kembali Lewat Single ‘The Highest Stars’

The Highest Stars merepresentasikan kehadiran Kubil Idris sebagai gitaris baru dari Indische Party.

Marc Marquez kembali Membalap Musim Ini
Hiburan & Gaya Hidup
Marc Marquez kembali Membalap Musim Ini

Marc Marquez siap kembali antara empat sampai satu balapan terakhir musim 2022.

Veganisme Bisa Bantu Ringankan Krisis Lahan Dunia
Fun
Veganisme Bisa Bantu Ringankan Krisis Lahan Dunia

Tingginya permintaan daging sapi sebabkan krisis penggunaan lahan.

Tanjung Akan Tampil di The Camden Club London
Fun
Tanjung Akan Tampil di The Camden Club London

Tanjung mengaku dirinya merasa khawatir sekaligus senang terhadap rencana penampilannya di The Camden Club.

Ini Keinginan LeBron James Setelah Pensiun
ShowBiz
Ini Keinginan LeBron James Setelah Pensiun

LeBron James memiliki rencana menarik setelah pensiun.

Tiongkok Punya 2 Kereta Tercepat di Dunia
Fun
Tiongkok Punya 2 Kereta Tercepat di Dunia

Kereta tercepat Tiongkok ini mampu melesat hingga hampir 460 kilometer per jam.

Konser Perayaan 30 Tahun Dewa 19 Resmi Ditunda
ShowBiz
Konser Perayaan 30 Tahun Dewa 19 Resmi Ditunda

BALA dewa dan bala dewi diharapkan bersabar, sebab konser 'Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19' resmi ditunda sampai 4 Februari 2023 mendatang.