Kecantikan

Perempuan Cantik Harus Punya Rambut Elastis

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 10 November 2020
Perempuan Cantik Harus Punya Rambut Elastis
Rambut sehat berarti elastis. (Foto: Pexels/ROMAN ODINTSOV)

RAMBUT sehat nan cantik berarti elastis. Tidak rontok apalagi mudah patah. Nah, untuk memiliki rambut elastis caranya sangat mudah. Beri nutrisi kolagen dan ginseng pada rambut kesayanganmu.

Kolagen dan ginseng sudah lama dikenal memiliki manfaat di dunia kecantikan. Dua kandungan ini mampu menjaga elastisitas kulit dan menjadikan kulit tampak lebih kenyal.

Baca juga:

Rambut Rontok Teratasi dengan Cara Berikut

dr. Shella Pratiwi, Dipl. AAAM, Aesthetic Specialist, mengatakan kebutuhan rambut pun sama dengan kulit. Rambut merupakan bagian terluar tubuh yang juga memerlukan nutrisi ekstra untuk menjaga elastisitas.

Tanpa adanya nutrisi tepat, rambut berisiko mengalami kerontokan. Tak hanya itu, kesehatan mental juga memengaruhi kesehatan rambut. Saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol.

Stres membuat rambut rontok. (Foto: Pexels/enegepic.com)

"Hormon kortisol berpengaruh terhadap folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan rambut," ujar Shella sebagaimana tertulis di berita pers yang diterima merahputih.com.

Shella menambahkan kandungan collagen amat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Collagen merupakan salah satu protein yang menyusun tubuh manusia dan mampu menambah elastisitas rambut.

"Sebaliknya jika kurang ternutrisi, rambut akan kehilangan elastisitasnya dan mudah rontok," ia menegaskan.

Baca juga:

Mau Rambut Tebal, Lebat dan Hitam, Yuk Intip Tipsnya!

Bahkan, laman healthline mengatakan Karena sifat antioksidannya, kolagen mungkin dapat melawan kerusakan sel, sehingga memperlambat tumbuhnya uban. Asam amino pada kolagen juga mampu menebalkan rambut.

Isyana pernah mengalami kerontokan rambut. (Foto: Instagram/@isyanasarasvati)

Musisi Isyana Sarasvati, berbagi cerita mengenai pentingnya rambut yang elastis serta bebas dari kerontokan. Perempuan kelahiran Bandung ini pernah mengalami kerontokan rambut sampai harus memotongnya.

Menurut Isyana, rambutnya rontok karena stres dengan tekanan pekerjaan. Isyana pun menutupi kerusakan rambutnya dengan berbagai cara. "Seperti mengikat atau menjepit rambut," ujar Isyana.

Penyanyi 27 tahun itu mengaku membutuhkan perawatan rambut yang dapat menjaga elastisitas. Dengan begitu, rambut kesayangannya tidak mudah patah dan bisa kembali ke bentuk semula ketika diregangkan.

Bayam mengandung kolagen. (Foto: Pexels/Rodolfo Quiros)

Isyana pun mencoba menggunakan sampo dengan kandungan kolagen dan ginseng. Misalnya seperti Sunsilk Super Shampoo Bye-Bye Rambut Rontok. Inovasi terbaru ini menghadirkan manfaat kolagen dan ginseng dalam sebuah sampo.

Kolagen juga terdapat pada makanan harian kamu. Mengutip laman GH, ikan, buah beri, tomat, telur, hingga sayuran hijau seperti bayam mengandung kolagen tinggi. (ikh)

Baca juga:

5 Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tidak Cepat Pudar

#Rambut Sehat #Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan