Perempuan, Bokong Besar Malah Menguntungkan Kesehatanmu Perempuan berbokong besar diuntungkan secara kesehatan. (foto: pixabay/stocksnap)

BAGI banyak perempuan, punya bentuk bokong yang besar kerap membuat risih dan enggak percaya diri. Padahal, beberapa selebritas dunia dikenal tampil menawan dan seksi dengan bokong yang besar dan berisi. Sebut saja Kim Kardashian, Beyonce, dan Jennifer Lopez.

Para selebritas itu tampak bangga dan baik-baik saja dengan bokong besar mereka. Faktanya, perempuan dengan berat badan sehat dan bokong yang cenderung lebih besar ternyata punya banyak keuntungan loh.

BACA JUGA: Ternyata Begini Cara Pria Menunjukkan Cinta


1. Terhindar dari risiko cedera tulang belakang saat hamil

pregnant
Memungkinkan perempuan menggeser berat badan mereka saat hamil. (foto: pixabay/free-photos)

Seperti dilansir WebMD, sebuah studi dari University of Texas mengungkapkan bahwa pria lebih tertarik kepada wanita yang memiliki bokong tampak lebih menonjol. Umumnya, pria menyukai wanita yang tulang belakangnya melengkung sekitar 45 derajat di bagian atas bokong mereka.

Penelitian yang dipimpin David Lewis, yang merupakan ahli psikologi dari Bilkent University di Turki, mengungkap bahwa derajat kelengkungan tersebut memungkinkan perempuan menggeser pusat berat badan mereka kembali ke atas pinggul saat sedang hamil.

"Perempuan yang memiliki bokong besar dengan kelengkungan tulang belakang sekitar 45,5 derajat, ketika membawa bayi di dalam perutnya, tidak akan memiliki risiko cedera tulang belakang jika dibandingkan dengan perempuan yang tulang belakangnya biasa saja," tutur Lewis.


2. Risiko terkena penyakit jantung dan diabetes lebih kecil

heart
Kebal dari penyakit kronis. (foto: pixabay/jarmoluk)

Sebuah penelitian yang dilakukan sejumlah peneliti dari University of Oxford, Inggris, seperti dikutip AskMen, mengungkapkan bahwa perempuan dengan bokong yang lebih besar biasanya lebih kebal dari penyakit kronis.

Dr Michael Jensen, direktur penelitian endokrin dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, mengatakan, jika tubuh kamu kelebihan lemak, akan lebih baik bila kelebihan lemak tersebut tersimpan di bagian bawah tubuh ketimbang di bagian perut ke atas.

“Jika kamu melihat orang-orang yang memiliki bentuk seperti buah pir, mereka biasanya cenderung lebih sehat ketimbang orang-orang yang lemak tubuhnya di bagian atas. Tidak hanya mengurangi risiko serangan jantung atau diabetes, lokasi timbunan lemak itu juga lebih baik dalam melindungi organ tubuh kita,” tutur Jensen.


3. Lemak di bokong merupakan lemak baik

female diet
Lemak di bokong merupakan lemak kuning yang baik. (foto: pixabay/gadini)

Dokter dan juru bicara American College of Sports Medicine Pamela M Peeke, MD mengatakan bahwa lemak yang ada pada bokong merupakan lemak baik. Tidak seperti lemak putih yang ada di usus dan berada di sekitar organ dan bisa menyebabkan peradangan, tekanan darah tinggi, dan penyakit, bokong besar memiliki banyak sekali lemak kuning yang merupakan lemak baik.


4. Kadar kolesterol aman

blood pressure
Kadar HDL lebih tinggi. (foto: pixabay/rawpixel)

Kamu yang memiliki bokong besar sangat beruntung karena para peneliti menemukan bahwa bokong besar memiliki hubungan dengan kadar kolesterol yang aman. Itu berarti memiliki risiko rendah terkena penyakit kronis. Perempuan dengan bokong besar dan pinggang lebih kecil memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi dan kolesterol LDL yang lebih rendah.


5. Bokong besar membentuk postur yang lebih sehat

kim kardashian
Postur tubuh yang lebih baik. (foto: instagram @kimkardashian)

Dr Peeke menjelaskan bahwa panggul yang tegang merupakan hasil dari duduk terlalu lama dan bisa membuat kamu sulit berdiri tegak. Namun, bokong yang kuat bisa membantu memperpanjang fleksor panggulmu dan menjaga postur tubuh tetap sejajar, sekaligus membantu menghilangkan rasa nyeri akibat posisi duduk dan berdiri yang tidak baik.


Jadi, bersyukurlah kamu yang punya bokong besar.(dwi)

BACA JUGA: Barli Asmara, Sang Pahlawan Fashion Indonesia: Semua Perempuan Berhak Cantik



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH