Peregangan, Mudah Dilakukan dan Sangat Bermanfaat Meningkatkan sirkulasi dan fleksibilitas darah (Foto: Pixabay)

PEREGANGAN adalah cara sempurna untuk mendapatkan tubuh yang hebat. Jika dilakukan sebelum dan sesudah latihan, dapat melemaskan otot-otot dan jaringan fasia, sehingga membuat tubuh kamu tetap prima.

Saat melakukan peregangan, otot dan fasia yang mengelilinginya akan memanjang. Hal ini akan melepaskan ketegangan yang terpendam dan meningkatkan gerakan keseluruhan tubuh kamu.

Baca juga:

Push-up, Sederhana tapi Kaya Manfaat

Apa saja manfaat peregangan? Berikut adalah beberapa manfaat melakukan peregangan seperti yang dilansir dari laman stylecraze.

1. Membuatmu jadi gesit

Meningkatkan kinerja harian tubuh (Foto: Pexels/Burst)

Peregangan meningkatkan fleksibilitas keseluruhan dan rentang gerak sendi tubuh. Selain itu juga berfungsi meningkatkan kinerja harian tubuh dan membuat kamu lebih gesit dan lebih cepat berjalan.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh (Foto: Pexels/Burst)

Peregangan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh yang akan membantu meningkatkan waktu pemulihan untuk setiap cedera dan menghilangkan produk sampingan yang tidak berguna dari jaringan otot.

3. Postur tubuh lebih baik

Menentukan di mana sakit dan nyeri (Foto: Pexels/Jonathan Borba)

Kamu dapat memperbaiki postur tubuh dengan melakukan peregangan setiap hari. Postur tubuh sangat penting untuk mengetahui ketegangan yang dialami otot kamu. Hal ini akan menentukan di mana sakit dan nyeri yang sedang kamu mengalami.

Baca Juga:

Yuk Mulai Rutin Jogging!

4. Meningkatkan koordinasi tubuh

Dapat merawat otot yang tegang dan mengurangi stres (Foto: Pexels/Retha Ferguson)

Peregangan membantu meningkatkan koordinasi tubuh secara menyeluruh. Saat kamu mulai melakukan peregangan setiap hari, kamu juga akan melihat peningkatan dalam rentang gerak sendi kamu. Hal ini juga dapat merawat otot yang tegang dan mengurangi stres (emosional dan fisik).

5. Meningkatkan stamina

Lebih berenergi dan lebih aktif (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Melakukan peregangan setiap hari dapat meningkatkan stamina. Ketika kamu melakukan peregangan setiap hari, kamu cenderung merasa lebih berenergi dan lebih aktif. Menjalani aktivitas pun akan terasa mudah.

6. Meredakan nyeri tubuh

Meredakan rasa sakit dan rasa kaku (Foto: Pexels/RUN 4 FFWPU)

Nyeri pada tubuh disebabkan oleh ketegangan pada otot. Peregangan dapat meredakan rasa sakit dan rasa kaku dan membuat tubuh kamu lebih aktif dan waspada seiring berjalannya waktu.

Yuk rutin melakukan peregangan sahabat Merah Putih. (lgi)

Baca Juga:

3 Latihan Dasar Berfungsi Meningkatkan Kemampuan Berlari

Kredit : leonard


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH