ICE 2022
Perebutan Tiket ke Melbourne di Final IBC 2022 Hari Ini Yessylia Violin A. sudah memulai jalannya babak final IBC 2022. (Merahputih.com/Andrew Francois)

SETELAH babak penyisihan hingga semifinal pada 26-28 Juli 2022, sebanyak 31 peserta sudah bertanding saling menampilkan presentasi kopi terbaik, untuk merebut tiket ke World Barista Championship (WBC) yang akan dihelat di Melbourne, Australia.

Meski seluruh peserta sudah memberikan upaya maksimal, hanya enam peserta yang dianggap juri pantas untuk bertarung hingga ke babak final IBC 2022. Sementara 25 peserta lainnya harus mengakui keunggulan peserta lainnya, dan angkat koper terlebih dahulu.

Babak penyisihan menampilkan 31 peserta, yang datang dari berbagai daerah mulai dari Surabaya, Mojokerto, Bali, Jakarta, dan masih banyak lagi. Kemudian juri menyeleksi 13 terbaik dari 31 peserta untuk tampil di babak semifinal.

Baca juga:

Indonesia Coffee Events 2022 Memasuki Babak Final

ice 2022

Penonton mulai memadati area Hall A2 JIExpo Kemayoran. (Merahputih.com/Andrew Francois)

Babak semifinal juga sudah selesai bergulir. Ke-13 peserta sangat kompetitif hingga membuat jantung penonton dan pendukung masing-masing peserta deg-degan, terlebih saat tengah menanti pengumuman peserta yang akan lolos ke babak final.

Sejumlah semifinalis juga diketahui mengalami beberapa masalah saat melakukan presentasi, mulai dari overtime atau melebihi batas durasi waktu yang ditentukan, grinding yang terlalu halus, hingga set meja yang berbeda dan membuat peserta kesulitan saat presentasi.

Semifinalis juga membawa pilihan kopi terbaik menurut diri masing-masing dengan racikan kopi khusus demi memikat hati para juri. Ada yang membawa varietas liberica, geisha panama finca sophia, hingga beberapa kopi lokal dari kotanya masing-masing.

Namun ada banyak faktor yang memengaruhi perolehan skor peserta untuk bisa tembus ke babak selanjutnya. Mulai dari cita rasa kopi, ketepatan waktu, ketenangan saat presentasi, pemilihan blend, hingga berbagai keunikan atau experience tertentu yang diterima juri saat presentasi.

Baca juga:

Sederet Fakta Menarik di ICE 2022

ice 2022
Yessylia bawa topik kebangkitan dari pandemi di presentasi babak finalnya. (Merahputih.com/Andrew Francois)

Jam terbang peserta juga bisa jadi memengaruhi performa atau penampilannya saat berada di depan para juri. Misalnya saja Muhammad Aga, yang tampil penuh percaya diri dan begitu tenang saat di depan juri, mungkin berkat pengalamannya yang sudah pernah berlaga di WBC pada 2018 silam.

Hari ini Yessylia Violin A. (Common Grounds), Yanuar Arlief R. (PT Bumi Berkah Boga), Muhammad Aga (PT Tri Kopi), Patrik Vinsensius (Kopi Utama Indonesia), Kelvin Deviro Situmorang (Kopi Internasional Indonesia), dan Arief Rachman (Visma) akan unjuk gigi di laga final IBC 2022.

Yessylia membuka jalannya babak final hari ini, yang dimulai pada pukul 08.35 WIB di JIExpo Kemayoran. Babak final akan ditutup dengan penampilan oleh Arief Rachman pada pukul 15.10 WIB mendatang.

Siapakah yang akan berangkat ke Melbourne pada September 2022 mendatang? Kamu bisa saksikan langsung pertarungan mereka di Hall A2 JIExpo Kemayoran atau melalui live streaming YouTube merahputih.com. (waf)

Baca juga:

6 Brewer Terbaik Melaju ke Babak Final IBrC 2022

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Berhenti Gunakan Kata Ganti untuk Penis dan Vagina, Bun!
Fun
Universitas Daring Khusus Dokter Hadir di Indonesia
Hiburan & Gaya Hidup
Universitas Daring Khusus Dokter Hadir di Indonesia

Universitas daring untuk dokter pertama di Indonesia dengan beragam keuntungan.

3 Rekomendasi 'Outfit' yang Sederhana nan Berkelas untuk Rayakan Valentine's Day
Fashion
3 Band Terpilih Ikut Program Jameson Connects Indonesia Sesi 2
Fun
3 Band Terpilih Ikut Program Jameson Connects Indonesia Sesi 2

Program Jameson Connects Indonesia telah usai digelar dan terpilih tiga band favorit yang sesuai dengan karakter Jameson.

Disney Kembali Hadirkan Dongeng Klasik lewat Film Terbaru 'Pinocchio'
ShowBiz
Disney Kembali Hadirkan Dongeng Klasik lewat Film Terbaru 'Pinocchio'

Film live-action Pinocchio tayang perdana di DisneyPlus pada 8 September 2022.

Jim Carrey Siap Pensiun dari Dunia Akting
ShowBiz
Jim Carrey Siap Pensiun dari Dunia Akting

Ingin pensiun usai sekuel 'Sonic the Hedgehog 2'.

Benda Ajaib di Tas Selebriti Dunia
ShowBiz
Benda Ajaib di Tas Selebriti Dunia

Mulai dari jimat sampai saus tomat.

Inspirasi Snow White dalam Teaser Video Musik 'Oh My God' Adele
ShowBiz
Inspirasi Snow White dalam Teaser Video Musik 'Oh My God' Adele

Video musik terbaru Adele akan hadir pada Rabu 12 Januari 2022.

Gim MotoGP 22 Segera Rilis
Fun
Gim MotoGP 22 Segera Rilis

Dirilis 21 April mendatang.

Puasa dan Mudik Tetap Aman Tanpa Khawatir Sering Berkemih
Fun
Puasa dan Mudik Tetap Aman Tanpa Khawatir Sering Berkemih

Berkemih dapat mengganggu aktivitas.