Percepat Investasi dan Sinergi Pengusaha, HIPMI Gelar Rakornas

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 17 Juni 2021
Percepat Investasi dan Sinergi Pengusaha, HIPMI Gelar Rakornas
HIPMI.(Foto: HIPMI)

MerahPutih.com - Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk Percepatan Investasi guna mendorong percepatan investasi dan kemudahan dalam membuka usaha baru.

Rakornas tersebut akan digelar secara hybrid pada 18-20 Juni 2021 dengan tema "Kemudahan Berusaha dan Peran HIPMI Menggerakkan Ekonomi Bangsa"

"Kita harapkan rakornas ini menjadi pemicu dalam mendukung adanya percepatan investasi dan berharap bisa memajukan pengusaha lokal atau UMKM," ujar Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H. Maming dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (17/6).

Baca Juga:

Para Bekas Pentolan Hipmi di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Ia menegaskan, dengan adanya investor asing yang masuk ke Indonesia, harus berkolaborasi dengan pengusaha lokal atau UMKM dan mampu menyerap tenaga kerja dari lokal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Maming berharap, pengurusan izin usaha dan investasi di Indonesia semakin mudah. Dengan demikian, akan semakin banyak pula UMKM yang memiliki legalitas usaha. Perizinan yang mudah akan menjadi energi baru bagi peningkatan pengusaha yang ada di daerah maupun nasional.

Ia mengatakan, tidak ingin hanya pengusaha asing yang mempunyai kekuatan ekonomi di Indonesia karena memiliki seluruh fasilitas dari hulu sampai dengan hilir.

"Kementerian Investasi harus berkolaborasi dengan pengusaha nasional dan pengusaha daerah, sehingga bersinergi dan saling bercengkrama bersama-sama untuk menuju ekonomi Indonesia yang lebih baik lagi," katanya.

HIPMI. (Foto: Antara)
HIPMI. (Foto: Antara)

Selain itu, sinergi kebijakan antara pemerintah daerah hingga pemerintah pusat dinilai juga penting untuk menarik investor.

Rakornas untuk Percepatan Investasi akan menghadirkan pemangku kepentingan untuk memberikan arahan kepada seluruh pengurus Hipmi se-Nusantara, di antaranya Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia, Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi, Wakil Kapolri Gatot Eddy Pramono serta dihadiri 34 Badan Pengurus Daerah Hipmi se-Indonesia.

"Diharapkan rakornas untuk percepatan investasi ini dapat mendorong perekonomian nasional dan juga para narasumber yang kami undang bisa memberikan roadmap yang jelas kepada bagaimana para pengusaha bisa bersinergi dan berkontribusi untuk pemerintahan," katanya Ketua Panitia Rakornas untuk Percepatan Investasi Muhammad Ali Affandi.

Baca Juga:

Hipmi Yakin Vaksinasi COVID-19 Percepat Pemulihan Ekonomi

#Hipmi #Pengusaha Muda #Pengusaha UKM #UMKM #Wirausahawan
Bagikan
Bagikan