Teknologi

Percakapan dalam Whatsapp Tetap Terlindung Enkripsi

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 13 Januari 2021
Percakapan dalam Whatsapp Tetap Terlindung Enkripsi
Percakapan tetap terlindung enkripsi. (Foto: Unsplash/rachit tank)

APLIKASI olah pesan dari perusahaan media social Facebook Inc, WhatsApp, menyatakan bahwa seluruh percakapan pengguna akan tetap dilindungi enkrispi. Meskipun ada pembaruan kebijakan privasi.

"Seluruh chat pengguna masih dilindungi enkripsi end-to-end, yang artinya siapapun, termasuk WhatsApp dan Facebook, tidak dapat membaca isi pesan pengguna," kata WhatsApp, dalam keterangan tertulis kepada media.

Baca Juga:

Tiongkok Pamerkan Kereta Peluru Baru, Kecepatanya Tembus 350 Kilometer Per Jam

aplikasi
Whatsapp menegaskan kebijakan ini tidak akan berpengaruh terhadap percakapan pengguna. (Foto: Unsplash/aarn giri)

Dilansir dari Antara, Selasa (12/1), pembaruan kebijakan privasi yang baru-baru ini diberlakukan oleh WhatsApp telah menimbulkan kontroversi karena dianggap akan mengganggu privasi data pengguna.

Dalam keterangan tersebut WhatsApp menegaskan kebijakan privasi barunya ini tidak berpengaruh terhadap percakapan, baik pribadi maupun dalam grup. Dikatakan WhatsApp, Kebijakan privasi terbaru itu hanya berlaku untuk percakapan dengan akun WhatsApp Business yang menggunakan API WhatsApp Business dan memilih penyedia hosting di luar WhatsApp.

Bisnis bisa menggunakan infrastruktur hosting dari aplikasi Facebook, yakni percakapan dengan akun WhatsApp Business akan tersimpan di server Facebook. Jika pengguna melakukan percakapan dengan akun Whatsapp Business yang menggunakan penyimpanan di luar dari aplikasi WhatsApp, maka platform akan menampilkan pemberitahuan di ruang percakapan tersebut.

Baca Juga:

Canggih, Kecerdasan Buatan ini Mampu Visualisasikan Tulisan

aplikasi
Pengguna mempertanyakan tentang pembaruan ini. (Foto: Pixabay/Betshy)

"Pengguna kemudian berhak dan bebas memilih apakah mereka mau berinteraksi dengan bisnis tersebut atau tidak. Percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan aplikasi gratis WhatsApp Business, maupun yang menggunakan WhatsApp Business API, tapi, tetap menggunakan layanan hosting WhatsApp, masih terlindungi enkripsi end-to-end seperti biasa," jelas WhatsApp.

WhatsApp menegaskan bahwa mereka tidak bisa melihat pesan, mendengar telepon, tidak mencatat atau menyimpan pesan dan panggilan yang dilakukan. Bahkan mereka tidak bisa melihat lokasi yang dibagikan antar penggunanya.

Baru-baru ini sejumlah pengguna sempat mempertanyakan langkah permintaan aplikasi mengenai, "terima pengambilan data atau keluar" di Twitter. Termasuk pengguna yang menyarankan untuk beralih ke aplikasi pengolahan pesanan lain, seperti Telegram atau Signal. DItambah pula CEO dari Space X, Elon Musk di Twitter menunjukan dukungan pada aplikasi Signal dan Telegram pada Kamis (7/1), membuat dua aplikasi itu mendadak populer. (Kna)

Baca Juga:

Prosesor Terbaru Intel Segera Hadir Awal 2021

#Teknologi #WhatsApp #Media Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan