Kesehatan Mental
Perbedaan Signifikan Manfaat Terapi Tatap Muka dan Teleterapi Pasien cenderung baik-baik saja dengan teleterapi, tetapi banyak terapis merasa ada sesuatu yang hilang. (Foto: freepik/master1305)

TELEMEDICINE (layanan klinis jarak jauh) dan telehealth (layanan non-klinis jarak jauh) telah menjadi sumber daya yang banyak digunakan selama pandemi. Namun, banyak penyedia layanan dan pembuat kebijakan masih mempertanyakan masa depannya. Beberapa terus mempertimbangkan pro dan kontra dari perawatan kondisi tertentu dari jarak jauh, terutama untuk kesehatan mental, seperti teleterapi.

“Pasien cenderung baik-baik saja dengan teleterapi, tetapi banyak terapis merasa ada sesuatu yang hilang dibandingkan dengan terapi langsung,” kata Dr. John Markowitz, profesor psikiatri klinis di Universitas Columbia, AS dan psikiater penelitian untuk New York State Psychiatric Institute.

Baca juga:

Telemedicine, Andalan Masyarakat di Masa Pandemi

Perbedaan Signifikan Manfaat Terapi Tatap Muka dan Teleterapi
Beberapa pasien tidak mampu menghabiskan waktu di ponsel mereka karena keterbatasan kuota. (Foto: freepik/tirachardz)

“Keuntungan utama teleterapi adalah mempertahankan beberapa akses ke pengobatan untuk banyak pasien, tetapi tidak semua. Seberapa baik kualitas perawatan itu masih kontroversial,” kata Markowitz. Dia menambahkan, penelitian yang membandingkan telehealth dengan terapi langsung masih jarang. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam American Journal of Psychiatry enam bulan setelah pandemi, Markowitz dan rekan-rekannya mengeksplorasi manfaat dan kerugian dari terapi virtual. Sisi negatif tersebut termasuk mempertahankan fokus individu yang konsisten dan menyeimbangkan gangguan, tetapi juga tidak meratanya akses internet atau tingkat kemampuan untuk membayar ponsel. Pandemi mendorong telehealth menjadi arus utama untuk semua jenis kondisi, karena pembatasan interaksi sosial dan memaksa beberapa fasilitas medis ditutup dan varian COVID-19 baru membuat pasien tetap di rumah. Meskipun telemedicine dapat membantu meningkatkan akses, kata Markowitz, dia setuju bahwa itu bukan solusi yang sempurna. Di luar itu, kata Markowitz, beberapa pasien tidak mampu menghabiskan waktu di ponsel mereka karena keterbatasan kuota. “Ini setara dengan teknologi dari ketidakadilan ekonomi yang lebih luas dalam akses ke perawatan kesehatan,” katanya.

Baca juga:

Musik dapat Menjadi Terapi Mental Healing

Afiliatif sejenis

Perbedaan Signifikan Manfaat Terapi Tatap Muka dan Teleterapi
Secara intuitif, berada secara fisik bersama dengan orang lain itu penting. (Foto: freepik/freepik)

Sementara itu, Deborah L. Cabaniss, M.D., profesor psikiatri di Columbia University Vagelos College of Physicians and Surgeons, mengatakan pentingnya berada secara fisik bersama orang lain.

"Secara intuitif, berada secara fisik bersama dengan orang lain itu penting, tetapi terapi bukan tentang sentuhan. Bisakah hanya berada di kamar dengan orang lain membuat perbedaan?" tulisnya dalam artikel di Psychology Today. Cabaniss kemudian mengajukan pertanyaan ini kepada sekelompok ahli saraf. Mereka mengarahkan pada penelitian penyangga sosial, yang didefinisikan oleh Kiyokawa dkk. (2012) sebagai mengurangi respon stres akut dengan 'kehadiran sejenis afiliatif'. Afiliatif sejenis merupakan anggota damai dari spesies yang sama. Dalam penelitian tersebut, itu adalah teman tikus yang baik. Pada tikus jantan, efek ini muncul karena penciuman dan dapat diblokir ketika hubungan antara penciuman otak dan pusat ketakutan terputus melalui pembedahan. Sebagai terapis dan psikoanalis, Cabaniss menempatkan dirinya sebagai sejenis afiliatif. "Dan ini bukan hanya tentang sentuhan – sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa dua tikus jantan yang tinggal di kandang yang sama dengan penghalang memiliki hasil yang lebih baik daripada mereka yang hidup sendiri. Berada di dekat tikus lain saja sudah cukup," dia menjelaskan. Masih terlalu dini bagi sains untuk memberi jawaban atas apa yang lebih baik: terapi tatap muka atau teleterapi. Namun, penelitian tersebut menurutnya, dapat membantu kita untuk memikirkan pertanyaan: Apakah perawatan langsung dan daring sama untuk mengurangi gejala? Apakah keduanya bekerja melalui mekanisme yang sama? Apakah hal yang sama terjadi di otak pasien di kantor dan melalui internet? "Pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting untuk memahami bagaimana kita akan memberikan terapi di masa depan, ujarnya sambil berharap studi semacam itu dapat dilakukan. (aru)

Baca juga:

Isolasi Mandiri di Rumah dengan Bantuan Telemedicine

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pentingnya Memahami Perkembangan Sosial Emosional Anak
Fun
Pentingnya Memahami Perkembangan Sosial Emosional Anak

Perlu ada peran orang tua untuk mengawasi perkembangan sosial emosional anak.

Volkswagen Uji Coba Mobil Aero B EV, Calon Penantang Tesla Model 3?
Fun
Selebgram Ini Raih Miliaran Rupiah karena Jual Gas 'Alami' di Toples
ShowBiz
Selebgram Ini Raih Miliaran Rupiah karena Jual Gas 'Alami' di Toples

Gas alami milik selebgram ini sangat mahal.

Waspadai Gejala Intolerensi Gluten yang Ganggu Aktivitas
Fun
Waspadai Gejala Intolerensi Gluten yang Ganggu Aktivitas

Tak bisa dihindari gluten kerap diolah menjadi berbagai sajian

Adidas + YEEZY Luncurkan YZY FOAM RNR Sand
Fashion
Adidas + YEEZY Luncurkan YZY FOAM RNR Sand

Nampak diliputi warna cokelat di seluruh permukaannya.

Letak Geografis Negara di 5 Film Hollywood Tidak Akurat
Fun
Letak Geografis Negara di 5 Film Hollywood Tidak Akurat

Film Hollywood memiliki kekurangan karena tidak akurat menggambarkan letak geografis negara.

Kelompok Pencinta Bacaan Anak, Kreasikan Kota Impian
Fun
Kelompok Pencinta Bacaan Anak, Kreasikan Kota Impian

Kelompok Pencinta Bacaan Anak membuat diorama yang menggambarkan kota idaman.

Maraknya Festival Musik, IdeaFest 2022 Hadirkan Program dan Pengalaman Berbeda
Hiburan & Gaya Hidup
Maraknya Festival Musik, IdeaFest 2022 Hadirkan Program dan Pengalaman Berbeda

Program-program baru memang sedang diusung agar sesuai dengan tema Reality Re:defined

Mencegah dan Menghadapi Pelecehan Seksual saat Konser Musik
Fun
Mencegah dan Menghadapi Pelecehan Seksual saat Konser Musik

Pelecehan seksual sering terjadi di konser musik.

Pelatnas Tim Esports Indonesia untuk SEA Games 2021 Resmi Dimulai
Fun
Pelatnas Tim Esports Indonesia untuk SEA Games 2021 Resmi Dimulai

Pelatnas Tim Esports Indonesia akan dilakukan dua tahap.