Perbedaan antara Figure Skating dan Hockey

Muchammad YaniMuchammad Yani - Sabtu, 03 Juli 2021
Perbedaan antara Figure Skating dan Hockey
Perbedaan Figure Skating dan Ice Hockey (Foto: Unsplash/Fwaever&crous)

BERSELUNCUR di atas es memang mengasikan walaupun tak semua orang dapat menjaga keseimbangan saat berdiri di atasnya. Namun bila diperhatikan Figure Skater dapat menjaga keseimbangannya sambil berlari, berputar, melompat dan melakukan gerakan indah lainnya di atas es. Figure Skater adalah sebutan bagi pemain Figure Skating.

Figure Skating adalah olahraga yang terdiri dari individu, pasangan, maupun kelompok yang melakukan tarian semacam ballet yang diiringi dengan instrumen. Figure Skating ini tidak hanya dilakukan oleh perempuan saja, melainkan banyak juga Figure Skater laki-laki. Tidak hanya Figure Skating, ada juga Ice Hockey yang merupakan olahraga es yang dimainkan oleh sejumlah orang di dalam group.

Berikut perbedaan yang dapat ditemukan antara Figure Skating dan Ice Hockey.

Baca juga:

5 Fakta Menarik Pedri, Matador Muda Spanyol

1. Sepatu Figure Skating

(Sepatu khusus Figure Skating Foto: Unsplash/2FClintock)
(Sepatu khusus Figure Skating Foto: Unsplash/2FClintock)

Sepatu Figure Skating terdiri atas dua bagain yaitu boots (sepatu) dan blade (pisaunya). Tipe sepatunya high boots dengan bahan kulit dan soft agar nyaman untuk pergelangan kaki. Pada bagian depan blade terdapat 'Toe Pick' atau ujung pisau yang bergerigi. Fungsinya untuk membantu Figure Sakter untuk melakukan lompatan dan putaran. Ukuran blade sepatu figure 4mm yang dapat menjaga keseimbangann saat berdiri. Pisau sepatu Figure juga cenderung lurus dan panjangnya melebihi sepatunya.

2. Sepatu Ice Hockey

Sepatu khusus Ice Hockey Foto: Pexel/FMiroshnichenko)
Sepatu khusus Ice Hockey Foto: Pexel/FMiroshnichenko)

Sedangkan sepatu Ice Hockey terbuat dari dari bahan kulit, plastik dan nilon. Hal ini dapat melindungi skaters dari pisau skaters lain atau dari bola hockey (puck). Ukuran sepatu Hockey 3mm lebih tipis dibandingkan pisau milik sepatu figure. Begitu juga dengan blade sepatu hockey yang melengkung dan sejajar dengan sepatunya. Antara sepatu figure skating dan Hockey, Sepatu Hockey memiliki berat yang lebih ringan.

Baca juga:

Jasa Joki Jadi Jalan Pintas Mengatasi Tuntutan Tugas

3. Pakaian Figure Skater

(Pakaian untuk penampilan atau kompetisi Figure Skater Foto: Unsplash/FKirklai)
(Pakaian untuk penampilan atau kompetisi Figure Skater Foto: Unsplash/FKirklai)

Pakaian kompetisi Figure Skater di desain semewah mungkin dengan payet, manik-manik yang mebuat pakaian berkilau dan dengan bahan yang berkualitas. Dalam mendesainnya pun tidak bisa sembarangan, penjahitnya harus khusus ataupun yang terbiasa menjahit model pakaian ini. Selain bahan yang berkualitas, teknik penjahitannya juga harus diperhatikan dan pemasangan kancingnya harus kuat.

Jika pada saat digunakan ada bagian yang terlepas dan fatal, tentu akan membuat Skater menjadi hilang fokus dan dampaknya akan kehilangan poin. Untuk mendukung penampilan berpaikaiannya, Skater juga menggunakan make-up dan aksesoris rambut.

4. Pakaian Pemain Ice Hockey

Pakaian untuk permainan Ice Hockey (Sumber: Pexels/2FPodvalny)
Pakaian untuk permainan Ice Hockey (Sumber: Pexels/2FPodvalny)

Pemain Hockey akan menggunakan pakaian yang dapat melindungi diri seperti body protector untuk melindungi dada, pelindung kaki dan tangan, sarung tangan, dan helm pelindung. Hal ini karena permainan hockey yang cukup keras yaitu body contact, berlari dengan alat pemukul, dan bisa saja ada bola nyasar ke arah badan. Jadi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pemain hockey diwajibkan untuk mengenakan pakaian seperti itu. (cil)

Baca juga:

4 Lagu Indo Paling Romantis Era 90-an, Buat Gaet Gebetan

#Unik #Olahraga
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan