Perbatasan Terunik di Dunia, Salah Satunya Dibatasi Dinosaurus Beberapa negara memiliki perbatasan yang unik. (Foto pexels gratisography)

BEPERGIAN ke luar negeri, harus memiliki surat identitas. Biasanya akan diperiksa saat tiba di bandara atau pun perbatasan. Setiap perbatasan pastinya memiliki ciri khasnya masing-masing yang menunjukkan negara tersebut. Namun, terdapat beberapa negara yang memiliki perbatasan unik. Tercipta oleh alam hingga patung unik.

Untuk mencapai perbatasan ini, masyarakat biasanya harus melalui beberapa daerah. Bahkan, ada yang menjadi tempat wisata alam dan masuk dalam warisan dunia. Merahputih telah merangkum empat perbatasan negara yang unik seperti dibawah ini.

1. Dibatasi air terjun

Perbatasan Brasil dan Argentina. (Foto: instagram.com/seumascj)
Perbatasan Brasil dan Argentina. (Foto: instagram.com/seumascj)

Terkenal dengan keindahan hutan, Brasil dan Argentina dibatasi dengan jembatan panjang yang membentang di Sungai Iguazu. Dilengkapi pemandangan air terjun setinggi 275 meter. Terlihat seperti tapal kuda, air terjun ini terbentuk dari aktivitas letusan gunung berapi di dekat hutan. Air terjun ini berlokasikan di Provinsi Misioner, Argentina dan Brasil bagian Parana. Selama musim hujan, laju aliran air mencapai 450 ribu kaki kubik per detik.

Termasuk ke dalam Situs Warisan Alam Dunia UNESCO, hutan perbatasan yang dipenuhi flora dan fauna margasatwa ini jadi destinasi pelancong mancanegara, seperti dilansir dari laman Tripsavvy. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini saat musim semi dan gugur. Tak perlu khawatir, hutan ini juga menyediakan hotel di kedua sisi sungai negara berbeda.


2. Dibatasi simbol tambah disertai huruf B dan NL

Perbatasan Belanda dan Belgia. (Foto: instagram.com/tugbadazkir)
Perbatasan Belanda dan Belgia. (Foto: instagram.com/tugbadazkir)

Untuk memisahkan wilayah, jalan di Kota Baarle dipenuhi tanda perbatasan antara Belanda dan Belgia. Lansiran dari laman The Culture Trip, perbatasan ditandai dengan simbol tambah disertai inisial negara, huruf B (Belgie) dan huruf NL (Nederland). Untuk itu, penting bagi para pelancong mengenal tiap tanda di sekeliling.

Perbatasan ini diciptakan pada abad pertengahan ke-19 oleh bangsawan lokal. Terjadi ketika perselisihan Belgia dan Belanda membelah jadi dua negara berbeda. Perbatasan yang berada di tengah kota ini, diatur oleh dua sistem hukum yang berbeda dan seringkali bertentangan.


3. Dibatasi patung dinosaurus

Perbatasan Tiongkok dengan Mongolia. (Foto: instagram.com/ukagram0330)
Perbatasan Tiongkok dengan Mongolia. (Foto: instagram.com/ukagram0330)

Tiongkok dan Mongolia memiliki perbatasan yang panjangnya mencapai 7.451 kilometer. Perbatasan ini membelah beberapa kota sekitarnya. Di sisi Mongolia, terdapat Kota Sulanheer, Zamiin Uud, Hovuun dan Chongol. Sedangkan di Tiongkok, ada Baotou, Hohhot, dan Datong. Tak hanya kota, perbatasan ini juga dilengkapi sungai. Gaxung Nur dan Sogo Nur, badan air ini berada di perbatasan Tiongkok. Hulun Nur dan Buir Nur, badan air di sisi perbatasan Mongolia.

Perbatasam Tiongkok dan Mongolia ditandai dengan sepasang patung dinosaurus yang menjulang di tengah jalan raya. Pemilihan konsep dinosaurus dikarenakan penemuan fosil hewan purba terbanyak di Asia.

Perbatasan ini dibentuk saat 2016 dengan menghadirkan Dalai Lama di Mongolia. Akibatnya, perbatasan ini menimbulkan kemacetan dan perbedaan aturan. Kedua negara memiliki aturan masing-masing. Tiongkok membatasi akses lalu lalang kendaraan dengan memasang tarif. Mongolia menerapkan aturan dengan membentuk Otoritas Umum Perlindungan Perbatasan dan berada di bawah Kementerian Kehakiman dengan teknik Uni Soviet, memasang pagar untuk menghindari akses tak sah. Demikian seperti yang dikabarkan laman Worldatlas.


4. Dibatasi ikan raksasa

Perbatasan Polandia dan Ukraina. (Foto: instagram.com/scottishpolishlass)
Perbatasan Polandia dan Ukraina. (Foto: instagram.com/scottishpolishlass)

Uniknya, perbatasan antara Ukraina dan Polandia ditandai dengan ukiran membentuk ikan raksasa. Seniman Polandia Yaroslav Kozyar membagikan informasi pada Frontnews, ikan raksasa ini melambangkan konvensionalitas yang jadi perbatasan antarnegara. Tiap tahunnya, dua negara Eropa ini melakukan dekorasi sebelum festival seni lokal berlangsung.

Desa Ukraina Kuchurgan juga mendirikan stasiun bea cukai Moldova-Ukraina pertama di bagian Transnistrian perbatasan. Tak hanya itu, Republik Moldova juga memberlakukan kontrol perbatasan. (Dys)

Baca Juga:


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH