Perbaiki Postur Tubuh dengan Gerakan Sederhana Ini Perbaiki postur tubuh dengan beberapa gerakan sederhana. (Foto: Pixabay/shushipu)

BAGI kamu yang masih work from home di masa pandemi saat ini, mungkin sudah terbiasa duduk di depan komputer atau laptop dengan jangka waktu yang lama. Setelah beranjak dari kursi, badan terasa pegal terutama pada bagian punggung dan tulang ekor.

Jika kebiasaan tersebut dilakukan terus menerus dapat mempengaruhi postur tubuh seseorang. Hati-hati, bisa membuat tubuhmu menjadi bungkuk, lho.

Baca juga:

Cara Ampuh Dongkrak Semangat Kerja Usai Lebaran

Melansir dari laman The List, duduk terlalu lama sambil mengerjakan sesuatu akan membuat postur tubuh yang buruk, otot menjadi tegang, nyeri punggung, nyeri sendi, hingga berujung sakit kepala.

Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah meletakkan bantal di belakang punggung agar membantu mengegakkan postur tubuh. Namun, kebiasaan ini dinilai tidak terlalu efektif. Jika kamu kurang memperhatikan kebiasaan ini dapat menyebabkan sesak napas dan tubuh menjadi lelah.

Perbaiki Postur Tubuh dengan Gerakan Ini
Chin tuck mampu meregangkan leher. (Foto: Foothills Sports Medicine)

Menurut laporan National Institute for Neurological Disorders, sekitar 80 persen orang dewasa memiliki penyakit sakit punggung di beberapa titik. Pastinya, ini menjadi masalah utama yang menggangu produktivitas di tempat kerja.

Jika kamu khawatir dengan konsekuensi membungkuk maka kamu harus memperhatikan postur tubuh. Oleh karena itu, cobalah beberapa latihan berikut ini untuk memperbaiki postur tubuh yang kurang baik.

Hal pertama yang bisa kamu coba lakukan adalah aktivitas setelah bangun tidur. Biasakan untuk minum air putih, melakukan peregangan badan, atau mengatur jadwal untuk rutin berolahraga setiap hari.

Salah satu cara efektif yang bisa kamu lakukan adalah olahraga chin tuck. Latihan ini dapat memperbaiki postur tubuh, melawan nyeri leher, dan memperkuat bagian depan dan belakang leher disaat yang bersamaan.

Perbaiki Postur Tubuh dengan Gerakan Sederhana Ini
Gerakan plank membantu memperbaiki postur tubuh. (Foto: Verywell Ben Goldstein)

Caranya, ambil posisi duduk dengan kedua kaki dilipat, bahu dalam kondisi rileks, mata melihat lurus ke depan, lalu perlahan-lahan turunkan dagu sehingga kamu bisa merasakan peregangan di bagian belakang leher.

Jangan miringkan kepala ke atas atau ke bawah. Tahan posisi selama tiga hingga lima detik kemudian angkat dagu ke posisi awal.

Laman Healthline juga merekomendasikan melakukan gerakan yoga setiap hari. Ambil posisi duduk kemudian regangkan salah satu bagian kaki ke depan. Setelah itu, miringkan kepala dan tahan posisi seperti ini selama 10 detik.

Selain yoga, kamu juga bisa melakukan gerakan plank yang dapat memperkuat bahu, punggung, serta membantu menopang tulang belakangmu. (and)

Baca juga:

Ups! Buah Bisa Jadi Penggagal Diet


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH