Perbaiki Mood Kamu Lewat 'Self-Care' (cover) Pentingnya melakukan self care untuk diri sendiri. (Foto: Pixabay/Wokandapix)

DI masa tak menentu ini mood dan perasaan seringkali mengalami perubahan. Suasana hati berubah-ubah tergantung kondisi dan masalah yang dialami sehari-hari. Oleh karena itu, kesehatan mental perlu dijaga. Self-care solusinya.

Healthline menuliskan self-Care sering salah dimaknai dengan self-improvement yang datang dari pola pikir perfeksionis. Namun sebenarnya, self-care ialah sesuatu yang bisa kita lakukan untuk membuat perasaan menjadi lebih baik. Perawatan untuk diri sendiri ini penting dilakukan sebelum mempedulikan orang lain.

Baca juga:

Laman Self mengajarkan cara efektif untuk melakukan Self-care di rumah ialah nostalgia. Sebuah eksperimen dilakukan oleh penulis selama beberapa bulan ia terisolasi. Salah satunya dengan mendengarkan lagu-lagu lama yang pernah berjaya di masa remajanya.

Self-care menjadi hal yang bisa dilajukan untuk membuat perasaan lebih baik. (Foto: Unsplash/Giulia Bertelli)

Ketika kita melihat lagi ke masa lalu bukan hanya hubungan secara emosional, tetapi juga harapan-harapan di kala itu. Pikiran tentang masa lalu ternyata mengingatkan kita bahwa masa-masa sulit itu telah dilewati.

Meski pun self-care tidaklah sulit banyak orang melewatkan hal ini karena waktu. Beberapa dari kamu mungkin masih sibuk bekerja dari rumah. Padahal memanjakan diri sendiri perlu dilakukan paling tidak 10 menit dalam sehari.

Baca juga:

Stres dan Cemas Berlebihan Bisa Menimbulkan Penyakit? Ini Kata Dokter

Dikutip dari Psychology Today, penting untuk memberikan kesempatan hati kita merasa senang. Memuaskan diri dengan makan-makanan yang mengandung lemak atau mungkin membiarkan diri kita bangun siang.

Pada dasarnya kita harus mengenali dan menerima ketidaksempurnaan manusia yang ada di dalam diri kita sendiri. Padahal di era ini tuntutan terbesar kita adalah mengejar hidup sukses yang tidak pernah cukup.

Mengenali dan menerima segala ketidaksempurnaan dalam diri. (Foto: Unsplash/Fuu J)

Seperti banyaknya tuntutan hidup lebih sukses, lebih pintar, lebih kaya, dan perbandingan lainnya yang membuat seseorang merasa gagal.

"Kasih sayang juga melibatkan segala perasaan, mengenali dan menerima semua hal negatif dan positif yang dirasakan," tutur Kristin Neff, Ph.D. (ren)

Baca juga:

4 Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Mental




Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH