Pembaruan Fitur Microsoft Ini Bisa Mengambalikan Data yang Terhapus Microsoft menghadirkan fitur baru untuk menyelamatkan data. (Foto: The August)

KETIKA kelelahan bekerja, pasti kita pernah terkecoh dan tanpa sengaja membuang dokumen penting atau yang masih terpakai. Setelah tersadar, biasanya kamu sudah tidak sempat mengembalikan data menggunakan recovery tool karena fitur ini hanya bisa digunakan secepat mungkin setelah dokumen atau file terbuang.

Nah, tapi sekarang ada solusi buat keteledoran kamu itu. Dilansir dari The Verge, Microsoft baru saja merilis pembaruan dari Windows File Recovery tool untuk memungkinkan pengguna menyelamatkan dokumen yang terbuang tanpa sengaja. Windows File Recovery merupakan aplikasi command line yang bisa melakukan recover berbagai file dan dokumen yang berasal dari hard drive komputer, USD drive, bahkan SD card dari kamera.

Baca juga:

Microsoft Gantikan Jurnalisnya dengan Robot

Data dari hard drive komputer, USD drive, dan SD card bisa diselamatkan. (Foto: Barron's)
Data dari hard drive komputer, USD drive, dan SD card bisa diselamatkan. (Foto: Barron's)

Sama dengan alat recovery file lainnya, kamu harus menggunakan tool ini sesegera mungkin setelah dokumen terbuang. Dalam Windows File Recovery tool, kamu bisa mengembalikan data berupa file MP3, video MP4, dokumen PDF, gambar JPEG, dan dokumen seperti Word, Excel, serta PowerPoint.

Windows File Recovery tool ini tersedia dalam mode default yang dirancang untuk sistem file NTFS yang mampu mengembalikan file dari disk yang rusak (corrupted disk) atau disk yang sudah diformat.

Windows File Recovery tool. (Foto Help Me Greek)
Windows File Recovery tool. (Foto: Help Me Greek)

Mode kedua dari Windows File Recovery tool diperkirakan lebih populer karena memungkinkan pengguna untuk mengembalikan file secara spesifik pada sistem file seperti FAT, exFAT, dan ReFS.

Baca juga:

Samsung Bakal Hadirkan Fitur Kamera 150 Megapixel untuk Model Galaxy S

Sebelumnya, Microsoft telah menyediakan fitur ini pada Windows 10 untuk mengembalikan dokumen pengguna yang terbuang. Meski begitu, kamu harus mengaktifkan fitur File History yang biasanya dinonaktifkan secara default.

Windows File Recovery tool. (Foto: The Verge)
Windows File Recovery tool. (Foto: The Verge)

Sayangnya, Windows File Recovery tool ini tidak bisa menyelamatkan data yang tersimpan di Cloud atau yang merupakan network file share. (shn)

Baca juga:

Miley Cyrus Menyanyikan Help Dari The Beatles Di Stadion Kosong

Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH