Perayaan Imlek Nasional 2020 Diramaikan Kaum Difabel dan Raja-Raja Nusantara Panitia Perayaan Imlek Nasional 2020. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Panitia Perayaan Imlek Nasional bakal mengundang penyandang disabilitas untuk meramaikan acara tahunan itu, di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (27/1).

Ketua Panitia Perayaan Imlek Nasional 2020 G Sulistiyanto mengatakan, undangan kepada kaun difabel itu sebagai bentuk kepedulian warga Tionghoa terhadap sesama.

Baca Juga:

Panitia Minta Para Tamu Harus Bawa Undangan Perayaan Imlek Nasional di ICE BSD

"Akan hadir pula para perwakilan kaum difabel," kata Sulistiyanto di Plaza Sinarmas, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (27/1).

Perlu diketahui, perayaan Imlek Nasional 2020 ini bertemakan "Bersatu untuk Indonesia Maju".

Tak hanya itu, kata Sulistiyanto, di antara para undangan, akan terdapat 29 orang raja dari berbagai kerajaan di penjuru nusantara. Hal itu sebagai penanda bahwasannya perayaan Imlek bukan lagi milik suku Tionghoa semata, namun telah menjadi sebuah kegiatan budaya yang dapat dinikmati setiap kalangan.

Ketua Panitia Perayaan Imlek Nasional 2020 G Sulistiyanto. (Foto: MP/Asropih)

“Untuk Indonesia yang semakin maju, sebagaimana tema perayaan kali ini, seluruh warga negara, termasuk suku Indonesia-Tionghoa mesti mengambil peran aktif,” ungkap Sulistiyanto.

Hidangan nasional khas Imlek yang disediakan, kata dia, berasal dari para pengusaha mikro kecil menengah (UMKM) Indonesia-Tionghoa. Kehadiran mereka menurutnya dapat menggambarkan komitmen persatuan yang berpadu dengan kepedulian, di mana Indonesia yang maju diperuntukkan bagi seluruh komponen bangsa.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri Perayaan Imlek Nasional di ICE BSD City

"Sementara tradisi yang menyertai perayaan Imlek tetap lestari, menjadi bagian budaya Indonesia, di antaranya tampak saat Presiden RI dan keluarga mengenakan busana tradisional Tionghoa, cheongsam, buah karya perancang Anne Avantie, sementara jajaran panitia tampil dengan busana tradisional daerah Nusantara lainnya," kata Sulistyanto.

Sulistiyanto pun mengimbau, masyarakat yang ingin mengikuti acara tersebut diharapkan membawa undangan resmi yang sudah dibagikan oleh panitia.

"Karena tanpa undangan tak bisa masuk, walaupun tertampung itu hanya di luar. Tetapi yang bawa undangan boleh masuk dan setiap bawa undangn nanti akan diatur tempat duduknya sedemikian rupa supaya tertib karena banyak pejabat negara tentu saja masalah keamanan pertimbagan utama. (Asp)

Baca Juga:

Camilan Unik Identik dengan Imlek, Patut Kamu Coba


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH