Perawatan Untuk Mengatasi Wajah Berminyak

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 24 Maret 2020
Perawatan Untuk Mengatasi Wajah Berminyak
Lakukan perawatan wajah di rumah. (Foto: Pexels/Burst)

MAU keluar rumah pada masa pandemi COVID-19 harus berpikir dua kali. Buat kamu yang biasa melakukan perawatan wajah masa isolasi diri selama 14 hari jangan dianggap bisa mematikan gaya.

Mumpung berada di rumah ada baiknya melakukan perawatan sendiri di rumah. Mudah saja kok! Meskipun masuk masa isolasi, bukan berarti wajah tak memerlukan perawatan. Apalagi kamu yang memiliki tipe kulit berminyak.

Baca Juga:

Manusia Cenderung Menyentuh Wajah 23 Kali Per Jam, Bagaimana Mencegahnya?

Kulit berminyak terjadi karena kelenjar yang ada di kulit wajah memproduksi sebum terlalu banyak. Sebum adalah zat lilin yang fungsinya untuk melindungi dan melembabkan kulit. Sebum sangat penting membuat kulit tetap sehat. Namun, terlalu banyak sebum bisa menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat dan jerawat bermunculan.

Kulit berminyak membuat orang seringkali untuk membuat kebiasaan perawatan kulit secara teratur. Laman medicalnewstoday.com, memberikan beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit berminyak di rumah dengan mudah.

1. Cuci muka

muka
Cuci muka dengan sabun khusus untuk kulit berminyak. (Foto: Pexels/Vitoria Santos)


Cucilah muka bila melihat terlihat sudah berminyak. Pakailah sabun dan air hangat, hindari sabun yang memiliki wangi yang biasanya mengandung bahan kimia. Ini dapat membuat wajah jadi rusak. Tambahkan pelembab agar wajah tetap lembab meskipun habis cuci muka.


2. Gunakan toner

muka
Gunakan toner agar kulitmu lebih bersih. (Foto: Pexels/Andrea piacquadio)

Toner yang mengandung alkohol cenderung akan mengeringkan kulit. Pilihlah yang mengandung bahan alami yang mampu menenangkan kulit. Pada beberapa orang, toner bisa membuat pori-pori yang besar terlihat lebih kecil. Bahkan mampu membersihkan sisa makeup yang menyumbat pori-pori. Namun harus diperhatikan tidak semua orang cocok menggunakan toner.


3. Tepuk wajah sampai kering

muka
Keringkan wajah dengan handuk lembut. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Ada baiknya setelah mencuci wajah dan gunakan toner, tepuklah lembut wajah dengan lembut dengan handuk. Ingat pakailah handuk yang lembut. Jangan menggunakan handuk yang kasar karena dapat merangsang kulit wajah memproduksi lebih banyak sebum. Termasuk mengusap muka dengan cara kasar dan menekan.

Baca Juga:

Stop Menyentuh Wajah Menggunakan Tangan!

4. Masker wajah

muka
Pakai masker wajah yang tepat agar khasiatnya lebih terasa. (Foto: Pexels/Burst)

Gunakan masker wajah untuk kulit yang berminyak. Seperti masker madu, oatmeal, dan tanah liat. Ketiga bahan itu dapat digunakan untuk mengurangi minyak di wajah dan membersihkan kulit wajah lebih bersih lagi.


5. Gunakan pelembab

muka
Gunakan pelembab untuk melindungi kulit wajah. (Foto: Pexels/Chill Jane)

Pelembab yang tepat memberikan manfaat yang luas bagi penggunanya. Studi menunjukkan kalau lidah buaya, pelembab yang bisa membuat kulit terhindar dari jerawat dan kulit berminyak.

Cobalah beberapa tips ini untuk mengurangi minyak berlebih pada wajahmu. Ada baiknya cek ke dokter kulit atau kecantikan untuk pemakaian produk perawatan wajah agar tidak membuat wajahmu jadi jerawatan atau minyak semakin parah. (lio)


Baca Juga:

Berhenti Pakai Makeup Jadi Lebih Muda

#Kulit Sehat #Kulit Wajah #Kulit Manusia
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan