Perawatan Kulit Wajah Kering dengan 3 Bahan Alami

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Rabu, 24 Mei 2017
Perawatan Kulit Wajah Kering dengan 3 Bahan Alami
Kulit kering juga bisa diakibatkan oleh kurangnya asupan gizi dan mineral (Foto: Lifeadvancer)

Kulit wajah kering hingga mengelupas bisa disebabkan oleh faktor gen, penyakit, kurangnya asupan gizi, serta terbakar sinar matahari. Perawatan wajah yang tidak cocok, efek obat-obatan, serta mandi air panas terlalu sering juga dapat mengakibatkan kulit kering.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Nah, berikut ada beberapa bahan alami yang biasa digunakan untuk melembapkan. Anda tidak perlu khawatir karena ketiga bahan ini cocok bagi semua jenis kulit wajah.

1. Madu

Madu telah sejak lama digunakan untuk perawatan melembapkan kulit wajah. Selain mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, madu juga memiliki sifat antibakteri dan anti-iritasi. Bagi Anda yang punya jenis kulit wajah kering dan cenderung sensitif, madu sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai pelembap.

Caranya:

Sediakan madu alami secukupnya. Pastikan madu yang Anda gunakan asli. Lalu bersihkan area wajah Anda dengan sabun khusus wajah.

Oleskan madu yang telah Anda siapkan tadi secara merata ke seluruh bagian wajah Anda. Diamkan beberapa saat sampai madunya meresap kurang lebih 15-30 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan secara rutin sebelum tidur dan setelah mandi.

2. Minyak zaitun

Tidak hanya mampu melembapkan kulit kering, minyak zaitun juga mengurangi peradangan, menenangkan, dan memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari. Bahkan, minyak ini mampu mengurangi gejala penyakit kulit, seperti dermatitis, psoriasis, dan eksim. Kandungan asam linoleatnya baik untuk memelihara kesehatan kulit.

Caranya:

Pilih minyak zaitun berkualitas terbaik. Tuangkan minyak secukupnya di ujung jari, kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah Anda. Pijat sebentar, kurang lebih 15 detik, lalu diamkan sampai kering dan meresap. Setelah itu, bilaslah dengan air dingin sampai bersih.

3. Lidah buaya

Lidah buaya tak hanya bisa digunakan untuk perawatan rambut saja tetapi juga bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah Anda. Kandungan mineral alami pada lidah buaya ternyata mampu untuk mengatasi masalah kulit wajah Anda yang kering. Juga, mencerahkan kembali kulit wajah yang kering dan kusam.

Caranya:

Sediakan lidah buaya yang masih segar atau baru dipetik secukupnya. Ambil gel lidah buayanya namun perhatikan agar jangan sampai masih tersisa getahnya, karena akan menimbulkan gatal. Setelah itu, oleskan ke seluruh wajah yang sudah bersih. Diamkan sampai kulit wajah Anda terasa kaku dan kencang, lalu bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

Demikianlah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk atasi masalah kulit wajah kering. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan relaks.

Lihat juga informasi kesehatan dan tips kecantikan lainnya di sini: Sarapan Penting Bagi Tubuh.

#Tips #Tips Kesehatan #Tips & Trik #Info Kecantikan #Informasi Kesehatan #Kulit Sehat #Perawatan Kulit #Perawatan Wajah
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan