Perantau Minang Asal Padangpariaman Akan 'Pulang Basamo' Saat Lebaran 2019 Para perantau Minang tengah mempersiapkan 'Pulang Basamo' untuk Lebaran 2019 (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Bagi masyarakat Pulau Jawa tradisi pulang kampung saat lebaran lebih dikenal dengan sebutan mudik. Tapi bagaimana dengan tradisi yang sama untuk warga di luar Jawa?

Jamak dikenal sebagai perantau yang tangguh, masyarakat suku Minang juga mempunyai kebiasaan pulang kampung pada momen-momen tertentu, seperti lebaran dengan budaya 'Pulang Basamo'. Pada lebaran 2019 ini, perantau Minang asal Padangpariaman, Sumatera Barat akan 'Pulang Basamo' dengan menggunakan ratusan bus.

Menurut keterangan Wakil Bupati Padang Pariaman, Sumatera Barat, Suharti Bur, para perantau tersebut berasal dari beberapa ikatan keluarga Minang.

"Para perantau telah menyampaikan secara lisan bahawa akan pulang basamo atau bersama pulang kampung pada Lebaran nanti," kata dia di Parit Malintang, Minggu (26/5).

Wakil Bupati Padang Pariaman Suharti Bur
Wakil Bupati Padang Pariaman, Suharti Bur menyatakan para perantau Minang akan 'Pulang Basamo' pada Lebaran 2019 (Foto: antaranews)

Ia mengatakan salah satu ikatan perantau Padang Pariaman yang menyatakan akan pulang menggunakan bus yaitu Ikatan Keluarga Kecamatan IV Koto Aur Malintang (Ikako Amal).

Ikatan ini, lanjutnya akan pulang menggunakan lebih dari 200 mini bus serta ditambah dengan sejumlah bus pariwisata.

"Selain itu juga ada tiga organisasi perantau Padang Pariaman lainnya yang menyatakan pulang basamo," ujarnya.

Namun, lanjutnya dirinya belum mendapatkan kepastian apakah tiga organisasi tersebut akan pulang menggunakan bus dengan jumlah armada yang banyak.

"Yang memastikan akan pulang dengan jumlah armada bus yang banyak baru Ikako Amal baru," kata dia.

BACA JUGA: Gugatan Praperadilan Dicabut, KPK Makin Leluasa Garap Proses Hukum Sofyan Basir

Sejumlah Platform Media Sosial Dibatasi, DPR Imbau Masyarakat Jangan Panik

Suharti Bur sebagaimana dilansir Antara meminta perantau tersebut sampai di kampung halaman sebelum 1 syawal agar di awal lebaran nanti dapat saling bermaafan serta saling bertukar pikiran untuk pembangunan Padang Pariaman.

Ia berharap kepulangan perantau asal daerah itu berdampak positif tidak saja untuk usaha kecil menengah namun juga untuk fakir miskin dan anak yatim.

"Harapannya dengan kepulangan perantau maka dapat meningkatkan perekonomian warga di kampung halamannya," tutupnya.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH