Perankan Tokoh Susi Susanti, Laura Basuki Sering Nongkrong dengan Sang Legenda Laura Basuki totalitas dalam semua perannya. (Foto: MP/Albi)

SUSI Susanti bukanlah nama baru di dunia olahraga Indonesia. Legenda bulu tangkis tersebut berhasil membuat Indonesia Raya berkumandang di kota Barcelona pada 1992 setelah ia berhasil menaklukkan Korea Selatan di Olimpiade Barcelona. Meskipun kini ia telah gantung raket, masih banyak orang yang penasaran dengan dirinya dan kehidupannya. Hal tersebut membuat Daniel Mananta tertarik untuk memproduseri film tentang Susi Susanti yang berjudul Susi Susanti-Love All. Nama Laura Basuki didapuk untuk membintangi tokoh sang atlet.

Selalu memainkan film drama atau komedi, aktris kelahiran 9 Januari 1988 tersebut ternyata mengidam-idamkan naskah yang membuatnya tertantang, salah satunya berperan menjadi atlet. "Setiap kali mengambil film, aku bisa merasakan jiwa dari karakter tersebut. Ketika ditawarkan sebagai atlet, pengin banget menyelami kehidupan seorang atlet," ujarnya saat ditemui di acara IDEAFEST, Minggu (6/10).

Baca Juga:

Perankan Susi Susanti, Laura Basuki Pegal-Pegal

laura
Dion Wiyoko, Laura Basuki, Susi Susanti dan Alan Budikusuma. (Foto: MP/Albi)

Tak hanya tertantang karena peran saja, Laura mengaku terkesan dengan kisah cinta Susi Susanti akan negara ini yang begitu besar. Ia terharu akan sisi heroik Susi Susanti yang tampil menawan di Olimpiade Barcelona bahkan membuat merah putih berkibar meski kala itu dia belum memiliki kewarganegaraan. Susi muda bahkan menolak kala negara lain meminangnya untuk bermain di sana dengan iming-iming kesejahteraan. "Yang di highlight di film ini bukan hanya tentang dia dan badminton tetapi juga kecintaan Susi Susanti akan negara ini," jelasnya.

Menurut Laura, tantangan utama dari memerankan film biopik adalah memahami si pemilik cerita secara utuh. "Ketika aku berperan sebagai Susi Susanti, aku harus bisa menggali lebih tentang dirinya. Bagaimana cara dia menghadapi lawan, cara dia berpikir ketika di lapangan, dan tentunya juga teknik bermain badminton," tuturnya.

Keinginannya untuk mendalami tokoh Susi Susanti membuatnya meminta waktu beberapa bulan untuk mendalami karakter. Tak hanya mendalami tokoh Susi Susanti saja, ia juga mendalami seluk beluk badminton, sesuatu yang tidak ia kuasai sebelumnya.

Baca Juga:

Dion Wiyoko Tidak Kuat Bernapas Gara-gara Perankan Alan Budikusuma

laura
Bersama sang legenda untuk mendalami peran. (Foto: MP/Albi)

Salah satu cara yang ia lakukan untuk mendalami peran yakni dengan menyempatkan waktu berkunjung ke rumah Susi Susanti. Tak hanya itu, ia juga sempat menyaksikan pertandingan bulu tangkis bersama sang atlet. "Keuntungan memainkan peran biopik apabila tokohnya masih ada itu bisa punya kesempatan untuk brainstorming," jelas Laura.

Banyaknya orang yang mengidolakan sosok Susi Susanti membuat banyak orang berekspektasi akan akting Laura. Meski demikian, Laura mengaku tak terbebani dengan harapan masyarakat padanya.
"Kalau misalnya ekspektasi orang-orang aku kembalikan lagi ke mereka. Aku hanya bisa berusaha semaksimal mungkin," tukasnya. (avia)

Kredit : iftinavia


Paksi Suryo Raharjo