Film
Perankan Michelle Obama, Viola Davis Dicap Lebay Viola Davis memerankan mantan Ibu Negara Michelle Obama, istri Presiden AS Barack Obama. (Foto: People)

AKTRIS pemenang Oscar Viola Davis menanggapi kritik atas perannya sebagai Michelle Obama dalam serial drama TV AS The First Lady. Beberapa penonotn mengatakan Davis terlalu mengerucutkan bibirnya. Selain itu, banyak juga yang mengeluh bahwa ekspresi wajahnya mengganggu dan menghina.

"Sangat menyakitkan ketika orang mengatakan hal-hal negatif tentang pekerjaanmu," kata Davis saat berbincang dengan BBC News, (26/4). Ia mengakui kritik merupakan racun dari pekerjaan akting.

BACA JUGA:

Viola Davis Mendapat Penghargaan AAFCA Icon Award

"Bagaimana caramu move on dari luka, dari kegagalan? Namun, kamu harus melakukannya. Tidak semuanya akan menjadi penampilan yang layak mendapat penghargaan," ujar perempuan 56 tahun itu.

Beberapa media memicu perhatian dan kritik daring atas perannya sebagai mantan ibu negara, yang juga merupakan seorang pengacara dan istri mantan Presiden AS Barack Obama, dalam serial produksi Showtime.

viola davis
Davis dikritik terlalu mengerucutkan bibirnya serta ekspresi wajahnya disebut mengganggu dan menghina. (Foto: Variety)

The Daily Mail melaporkan Davis 'dicemooh tanpa ampun' dan menampilkan pada sejumlah besar tweet yang mengkritiknya. Seorang penonton menyebut penggambaran Davis yang 'berlebihan' sebagai 'nyaris menghina dan tidak perlu'.

Akun lain mencicit, "Mereka menjebak Viola Davis dengan membiarkan dia menjaga mulutnya seperti itu selama pembuatan film. Ini sangat ngeri dan mengganggu."

Beberapa pemirsa menyamakan ekspresi Davis dengan duckface, istilah yang menggambarkan ekspresi cemberut berlebihan, yang sering digunakan influencer media sosial. "Wajah Viola Davis pasti sangat lelah," canda seorang warganet.

Pilihan berani

viola davis
Davis bersama Oprah Winfrey dalam acara spesial yang membahas buku memoar barunya, 'Finding Me'. (Foto: Twitter/@violadavis)

Dalam menanggapi kritik yang tajam itu Davis berkata, "Pengkritik sama sekali tidak mendatangkan manfaat. Dan, saya juga tidak mengatakan itu untuk menjadi jahat."

"Mereka selalu merasa seperti mengatakan sesuatu yang tidak kamu ketahui. Entah bagaimana kamu menjalani kehidupan yang dikelilingi orang-orang yang berbohong kepadamu dan 'Saya akan menjadi orang yang menyadarkan kamu' dengan mengatakan yang sebenarnya'. Jadi itu memberi mereka kesempatan untuk berlaku kejam terhadapmu," kata Davis.

Meski demikian, pada akhirnya, Davis merasa bahwa tugasnya sebagai seorang pionir ialah membuat pilihan yang berani. "Menang atau gagal merupakan tugas saya untuk melakukan itu," imbuhnya.

Bintang itu mengatakan memerankan seseorang yang dikenal luas seperti Michelle Obama 'hampir tidak mungkin'. "Entah kamu melakukan terlalu berlebihan atau kurang," katanya.

Davis tidak tahu apa yang dipikirkan mantan ibu negara tersebut tentang penggambarannya. "Saya tidak memiliki kontak pribadi dengan Michelle Obama," ujarnya.

Saat ini, aktris pemenang penghargaan ini akan merilis memoar barunya, Finding Me. Sebuah buku sangat jujur dengan beberapa bagian yang mencengangkan. Di dalamnya, dia memetakan kebangkitannya dari kemiskinan dan pelecehan untuk menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang memenangi tiga panghargaan Oscar, Emmy, dan Tony untuk akting.

Dia memenangi Academy Award untuk aktris pendukung terbaik untuk perannya dalam adaptasi layar dari August Wilson, Fences, yang dibintangi dan disutradarai Denzel Washington. Davis memenangi Emmy untuk film thriller TV How To Get Away With Murder; dan Tony dua kali untuk King Hedley II, dan versi panggung Broadway untuk Fences.

Dia mengatakan penulisan buku itu merupakan usahanya agar tidak hanya dikenal karena penghargaan yang ia terima. Ia pun tidak ingin menyimpan kisah hidupnya ke liang kubur. "Saya memiliki penghargaan di rak perapian saya, tetapi saya harus memberi tahu kamu bahwa ketika saya mengalami apa pun dalam hidup saya, (penghargaan) itu tidak membantu," katanya.

"Penghargaan, saya sangat berterima kasih untuk mereka. Saya benar-benar terkejut saya bisa mencapai apa yang telah saya capai, mengetahui kisah awal saya. Namun, dari situlah semua dimulai dan berakhir," kata Davis.(aru)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kanker Testis, Kanker Langka yang Penuh Mitos
Fun
Kanker Testis, Kanker Langka yang Penuh Mitos

Pria menyamakan pengangkatan testis dengan akhir dari semuanya.

E-Commerce Dukung Pemulihan Bisnis UMKM
Fun
E-Commerce Dukung Pemulihan Bisnis UMKM

Pandemi kondusif, bisnis UMKM mulai pulih.

Diet Ramah Lingkungan Melindungi Bumi
Fun
Diet Ramah Lingkungan Melindungi Bumi

Diet ramah lingkungan meliputi konsumsi makanan yang sehat dan tidak merusak lingkungan.

VanMoof V, Sepeda Listrik dengan Kecepatan 60 Km/Jam
Fun
VanMoof V, Sepeda Listrik dengan Kecepatan 60 Km/Jam

Dapat melaju dengan begitu kencang.

Rahasia Sederhana Hubungan Awet dan Bahagia
Fun
Rahasia Sederhana Hubungan Awet dan Bahagia

Intinya butuh kerja keras dari kedua belah pihak.

Apel Black Diamond Dijual Rp110 ribu per Buah
Kuliner
Apel Black Diamond Dijual Rp110 ribu per Buah

Suhu dingin yang menyebabkan warnanya berubah menjadi ungu tua.

Tiktok Larang Konten Tantangan Viral yang Berbahaya
Hiburan & Gaya Hidup
Tiktok Larang Konten Tantangan Viral yang Berbahaya

TikTok mulai menghapus video yang mempromosikan gejala gangguan makanan, termasuk olahraga yang berlebihan.

Ferrari Recall 23.000 Mobil karena Masalah Rem
Fun
Ferrari Recall 23.000 Mobil karena Masalah Rem

Mulai dari mobil keluaran 2005 hingga Ferrari Roma terbaru ikut terkena recall.

Game Horor 'DreadOut 2' Segera Hadir di Konsol Next-gen
Fun
Game Horor 'DreadOut 2' Segera Hadir di Konsol Next-gen

Game horor garapan pengembang lokal akan hadir ke konsol next-gen.

 Selain Lezat, Kubis Ungu Punya Berbagai Manfaat bagi Kesehatan
Fun
Selain Lezat, Kubis Ungu Punya Berbagai Manfaat bagi Kesehatan

Meski sekilas rasanya mirip dengan kubis hijau, nyatanya kubis ungu punya manfaat yang lebih banyak bagi kesehatan.