Perankan Karakter Pria Makassar, ini Tantangan Terbesar Bisma Karisma Bisma Karisma. (Foto: MP/Albi)

PENYANYI sekaligus aktor Bisma Karisma berkesempatan menjadi salah satu pemeran utama di film SILARIANG: Cinta Yang (Tak) Direstui.

Dalam film yang akan ditayangkan di bioskop seluruh Indonesia pada 18 Januari 2017 tersebut, Bisma berperan menjadi Yusuf, seorang pria asal Makassar.

Mengaku tak sulit saat proses pendalaman karakter Yusuf, Bisma mengaku tak terlalu sulit. Ia hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat.

“Menjadi Yusuf dalam film ini proses pendalaman karakternya cukup singkat kok, cukup dua minggu untuk observasi di Makassar dan proses reading di Jakarta,” tutur Bisma.

Ketimbang pendalaman karakter, berbicara dengan dialek Makassar lebih sulit. Berasal dari Suku Sunda, belajar dialek Makassar menjadi tantangan tersendiri bagi Bisma.

“Kesulitan terbesar yang pasti dialek dan gestur karena saya orang Sunda banget,” ucap Bisma saat ditemui di press screening film SILARIANG: Cinta yang (Tak) Direstui di Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Untuk mengatasi kesulitan tersebut, Bisma tak kehilangan akal. Demi totalitasnya dalam berakting selama kurang lebih dua minggu,, Bisma mati-matian belajar dialek Makassar. Bahkan melakukan pendekatan dengan masyarakat setempat.

“2 minggu kurang lebih belajar dialek. Selama itu saya berusaha keras untuk riset dan reading. Lalu saya coba melakukan pendekatan dengan orang Makassar asli soal mimik dan gestur,” kata Bisma.

Setelah berjuang keras, akhirnya Bisma fasih juga berbahasa Makassar, bahkan dia mendapat pujian dari wali kota Makassar.

“Lumayan bener-bener fasih belajar bahasa Makassar. Malah sempet ketemu wali kota Makassar juga. Dia bilang udah kayak orang Makassar . Seneng aja. Lumayan seru lah,” kata Bisma sambil tertawa. (Ryn)

Baca juga berita lain tentang film SILARIANG: Cinta yang (Tak) Direstui pada artikel Kearifan Lokal dalam Film ‘SILARIANG: Cinta yang (Tak) Direstui’.

Kredit : raden_yusuf


Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH