Headline

Perang Terhadap Narkoba Dimulai, Militer Serbu Rio de Janeiro

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 24 Februari 2018
Perang Terhadap Narkoba Dimulai, Militer Serbu Rio de Janeiro
Seorang warga bawa anjingnya, yang tertembak saat terjadi bentrokan antara polisi dan penjual narkoba di wilayah kumuh Rocinha di Rio de Janeiro, Brasil (ANTARA FOTO/REUTERS/Ricardo Moraes)

MerahPutih.Com - Perang terhadap narkoba dan jaringannya di Brazil khususnya di kota Rio de Janeiro sudah mulai. Pemerintah melibatkan tentara dan polisi dalam melancarkan operasi besar Militer Brazil dan polisi Rio de Janeiro melancarkan operasi besar anti-narkotika di bagian barat kota tersebut.

Juru bicara militer Koloner Roberto Itamar pada Jumat (23/2) menyatakan operasi itu berlangsung di "favela" (tempat kumuh) Vila Alianca, Coreia dan Vile Kennedy, tempat seorang sersan militer dan seorang komandan polisi militer tewas pekan ini.

Sebanyak 3.000 unsur dari polisi dan militer ikut dalam operasi pada pagi hari tersebut, sebagaimana dilansir Antara dari Xinhua, Sabtu (24/2). Personel keamanan menutup semua akses ke "favela" itu, dengan dukungan helikopter dan kendaraan lapis baja.

Itamar mengatakan operasi tersebut telah direncanakan sebelum campur-tangan federal yang ditandatangani oleh Presiden Michel Temer pada 16 Februari untuk mengambil-alih keamanan masyarakat di kota itu.

Vila Kennedy adalah salah satu proyek penampungan sosial di Amerika Latin. Tempat kumuh tersebut juga menjadi salah satu permukiman di Rio de Janeiro dengan jumlah baku-tembak paling tinggi, dan telah menyaksikan setidaknya 13 bentrokan antara polisi dan penyelundup narkoba pada Januari.

Angkatan Bersenjata telah melancarkan tiga operasi besar militer di Rio de Janeiro sejak pekan lalu.

Jenderal Walter Braga Neto diangkat oleh Temer untuk mengawasi polisi dan pasukan militer di kota itu. Tujuannya ialah untuk mengurangi gelombang kejahatan di Rio de Janeiro, yang menyaksikan lebih dari 5.000 baku-tembak dan hampir 7.000 pembunuhan tahun lalu.(*)

#Sindikat Narkoba #Pemberantasan Narkoba #Kampanye Anti Narkoba
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan