Perang iPhone dengan Android Belum Menunjukan Akhir Ada perang diam-diam di dunia smartphone. (Foto: Pixabay/Pexels)

ADA perang yang diam-diam tengah terjadi. Ketegangan antara Korea Utara dengan Amerika Serikat sudah mulai mendingin meskipun masih terasa panasnya. Perang antara iPhone dengan Android belum menunjukan akhir.

Pasar pun dibanjiri dengan berbagai inovasi yang sangat bermanfaat sejak satu dekade belakangan ini. Pasar sebenarnya senang saja dengan hal itu, sekaligus memicu kebingungan. Bagaimana tidak kedua platform sistem operasi smartphone memiliki keunggulan dan kekurangannya.

Apalagi review-review yang ada di dunia maya menjagokan satu platform ketimbang yang lain. Semua kembali pada kamu yang memilih sistem operasi yang cocok.

Baik iPhone maupun Android merupakan dua sistem operasi smartphone yang paling populer di muka Bumi. Sistem iPhone diluncurkan pada tahun 2007, kemudian disusul oleh Android di tahun 2008. Sistem iPhone dimiliki oleh Apple, sementara Android milik Google. Android bebas digunakan oleh berbagai produsen smartphone, sedangkan sistem iPhone hanya dipakai pada produk smartphone Apple.

Tentunya kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya.

smartphone
Sistem operasi pada smartphone ada dua; iPhone dan Android. (Foto: Pexels/MOHI SYED)


ANDROID


Kelebihan


Pilihan

Banyaknya pilihan ponsel yang memakai sistem operasi Android yang hadir dalam bentuk dan ukuran.


Harga Kompetitif

Banyaknya pilihan memberikan juga keragaman harga. Mulai dari yang terendah sampai kelas premium.


Penyimpanan

Ponsel Android memberikan ruang penyimpanan lebih besar, bahkan ada fasilitas slot MicroSD.


Open Source

Android merupakan sistem terbuka dan dapat dikutik-kutik sesuai kebutuhan. Inilah yang membedakan antara sistem operasi Android satu merk ponsel dengan lainnya.


Kostumisasi

Bagi yang mengerti teknologi, sistem operasi ini sangat menantang untuk dikostumisasi.


Instal Apps

Android memungkinkan untuk menginstall aplikasi yang bukan resmi berasal dari dari Google.

smartphone
Sistem operasi Android paling banyak digunakan oleh publik. (Foto: androidcentral)


Minus

Update Lambat

Ponsel Android sangat lambat mendapatkan update software. Memerlukan waktu untuk dapat mengupdate sistemnya. Misalnya Google merilis versi terbaru Android, maka harus mendapatnya persetujuan dari network carrier dan diedit oleh pembuat ponsel baru dilempar ke penggunanya. Ini bisa memakan waktu berbulan-bulan atau tahunan.


Tidak Support Android Lama

Sistem Android lama tidak lagi disupport oleh sistem yang baru. Jelas menjadi ancaman bagi keamanan ponsel. Juga tidak mendapatkan fitur baru.


Malware

Karena kemudahan mendownload dan menginstal aplikasi, membuat ponsel Android sangat rapuh dari serangan malware yang bersembunyi pada aplikasi.


Bingung

Karena kemudahan mengkostumisasi sistemnya, membuat pengguna ponsel agak kebingungan. Misalnya pengguna ponsel merk A akan bingung menggunakan ponsel merk B. Meskipun kedua ponsel itu sebenarnya memakai Android. Produsen ponsel sudah mengkostumisasi dan mengedit sesuai dengan desain mereka.

smartphone
Biasanya iPhone dapat terhubung dengan produk Apple lainnya. (Foto: Pexels/Jessica Lewis)

APPLE


Kelebihan


Nilai

Dibandingkan dengan ponsel lainnya, iPhone memiliki nilai yang lebih tinggi.


Support Versi Lama

Meskipun kamu memiliki sistem operasi lama, Apple memberikan support software updates bertahun-tahun ke depan. Ini termasuk fitur dan performanya.


Update Cepat

Ekosistem iPhone sangat dikontrol oleh Apple dengan dengan demikian update pada sistem sangat cepat. Sehingga keamanan masih terjaga.


Keamanan

Faktor keamanan sangat diperhatikan oleh Apple, makanya tidak sembarangan aplikasi dapat masuk pada App Store. Bahkan Apple mengenkripsi iPhone agar tidak dapat dihack.


Performa

Karena tidak ada iPhone yang dijual murah, maka performa iPhone memang terbaik.


Sinergi

Ekosistem Apple sangatlah terjaga, termasuk terhubungan dengan produk-produk Apple lainnya.

smartphone
Produk iPhone tidak banyak pilihan. (Foto: Pexels/Gabriel Freytez)


Minus


Harga

Tidak ada iPhone yang berharga murah karena teknologi dan performanya.


Pilihan Terbatas

Karena hanya satu produsen yang ada membuat iPhone hanya memiliki sedikit pilihan.

Kostumisasi

Produk Apple ini sangat mudah digunakan oleh orang walaupun hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang teknologi ponsel. Ini juga yang membatasi iPhone dapat dikostumisasi.

Entah itu iPhone atau Android semua kembali kepada calon penggunanya. Keduanya memiliki kelebihan yang berguna bagi pemakainya. Sedangkan kekurangannya mungkin dapat dimaklumi. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH