Teknologi

Peran Teknologi AI untuk Tingkatkan Kinerja dan Efisiensi Biaya

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 24 November 2023
Peran Teknologi AI untuk Tingkatkan Kinerja dan Efisiensi Biaya
Integrasi AI juga memungkinkan transformasi pengelolaan logistik yang lebih signifikan. (Foto: Unsplash/Igor Omilaev)

PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) menjadi omnichannel commerce pertama yang mengadopsi teknologi artificial intelligence (AI) untuk mengoptimalkan kegiatan operasional logistik. Ini dilakukan untuk mengintegrasikan keberlanjutan dalam semua aspek bisnis.

Pemanfaatan teknologi AI di bidang operasional logistik ini berperan untuk kebutuhan stok dan rekomendasi kebutuhan yang terpersonalisasi.

Selain itu, integrasi AI juga memungkinkan transformasi pengelolaan logistik yang lebih signifikan, seperti identifikasi dan solusi masalah secara real time hingga berkontribusi pada pengelolaan logistik yang lebih cepat dan efisien.

Upaya Blibli ini sejalan dengan harapan pemerintah yang ingin mendorong lebih banyak pemanfaatan teknologi AI di berbagai sektor.

Pada 2021 misalnya, AI telah membantu sekitar 26,7 juta pekerja Indonesia atau sebesar 21,1 persen dari total tenaga kerja kala itu, dengan sektor perdagangan tercatat sebagai yang kinerjanya paling terdongkrak oleh teknologi ini.

Baca juga:

Closing Bisnis Properti Makin Mudah dengan Teknologi AI

Peran Teknologi AI untuk Tingkatkan Kinerja dan Efisiensi Biaya
Blibli mengadopsi teknologi AI untuk optimalisasi operasional logistik dan memastikan operational excellence di setiap lini. (Foto: Blibli)

Langkah yang diambil Blibli ini menandai penguatan komitmen Perseroan untuk terus menjadi ekosistem perdagangan omnichannel yang relevan dengan kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu.

"Selain itu, Blibli juga mengintegrasikan AI sebagai bagian dari komitmen terhadap prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG)," kata Head of Business Process Transformation of Blibli Azizah Purwitasari, dalam siaran persnya.

"Integrasi AI juga tidak hanya melibatkan pengembangan teknologi, tetapi juga dalam strategi bisnis yang menyeluruh untuk mencapai keunggulan kompetitif dan pertumbuhan berkelanjutan," sambungnya.

Pemanfaatan AI juga menjadi bentuk adaptabilitas Blibli dalam menghadapi kompleksitas bisnis yang harus menjawab tantangan dalam menjaga kepuasan belanja pelanggan. Ini sejalan dengan semangat terbarunya, Simplify to Amplify.

Baca Juga:

Bisnis Properti Tumbuh Lebih Kuat dan dan Maju

Peran Teknologi AI untuk Tingkatkan Kinerja dan Efisiensi Biaya
Adopsi teknologi AI packaging recommendations di Gudang Blibli Medan Satria, Bekasi. (Foto: Blibli)


Terdapat beberapa solusi yang dihadirkan seperti menghemat waktu untuk efisiensi operasional, mengurangi biaya kemasan, mengurangi kesalahan dalam proses packing produk, mengurangi risiko air gap packaging, dan meningkatkan dukungan terhadap nilai-nilai ESG.

Lebih lanjut, pemanfaatan AI memperkuat komitmen Blibli dalam membangun sistem pergudangan dan distribusi yang lebih efektif dan memadai.

Saat ini, manfaat AI dalam sistem logistik sudah semakin terukur berkat peningkatan adoption rate dan pengurangan packaging cost yang signifikan.

"Tentunya evaluasi dan analisis masih akan terus dilakukan untuk mengoptimalkan implementasi, memastikan efisiensi, dan meningkatkan manfaat secara keseluruhan,” tutup Azizah. (and)

Baca Juga:

Tingkatkan Bisnis Properti Bisa Gunakan Digital Marketing

#Bisnis #Blibli.com #Artificial Intelligence #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan