Peran Penting Wartawan di Pemilu 2019 Ilustrasi Wartawan

MerahPutih.com - Pers menjadi salah satu elemen penting bagi masyarakat dan negara. Kenapa? Karena pers memiliki fungsi sebagai penyedia informasi yang sesuai fakta.

Memasuki era kebebasan pers, anggota Dewan Pakar ICMI Pusat Mustofa Widjaja, berharap wartawan mampu menjadi lokomotif informasi yang edukatif pada masyarakat dan mendorong hadirnya informasi publik yang berbobot dan mencerdaskan.

Dalam sistem demokrasi pers merupakan salah satu pilar, untuk memberikan informasi pada masyarakat, wartawan punya peran strategis dalam menjaga kualitas informasi agar publik Indonesia dapat teredukasi.

"Kita semua berharap kualitas informasi kita semakin membaik seiring dengan perkembangan teknologi informasi, karena wartawan adalah penyambung lidah rakyat," kata Mustofa Widjaja dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (5/2)

Ilustrasi wartawan

Mustofa menambahkan menjelang pemilihan umum serentak 17 April 2019, wartawan harus mampu berdiri tegak di tengah benturan kepentingan untuk dapat memberikan informasi yang benar pada masyarakat.

Ia meminta kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang merupakan organisasi wartawan tertua di Indonesia harus berperan aktif dalam menjaga iklim informasi di era teknologi informasi saat ini.

"Sebagai medium penyampaian informasi, wartawan harus diberikan payung hukum yang kuat agar tidak diintervensi. Selain itu, dalam momentum pemilu 2019 wartawan punya peran penting dalam mewujudkan pemilu jurdil, dan harus kita dukung bersama," pungkasnya. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH