Peran Paris Hotman dan Bentuk Permintaan Maaf Garuda untuk Rius Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara memberikan keterangan terkait pencabutan laporan terhadap Youtuber Rius Vernandes di Jakarta, Jumat. (ANTARA/Ade Irma Junida)

MerahPutih.com - Perseteruan antara travel vlogger Rius Vernandes dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dipastikan selesai. Berakhir damai. Suasana akrab dan menyenangkan pun terjadi saat kedua pihak bertemu untuk memberikan keterangan pers di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (19/7).

Vlogger yang memiliki 506 ribu subscriber tersebut datang dengan didampingi pengacaranya Abraham Sridjaja dan tunangannya Elwiana Monica. Sementara itu, dari pihak Garuda Indonesia hadir sang dirut I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dan Ketua Harian Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) Tomy Tampatty. Ketua Yayasan YLKI Tulus Abadi dan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea juga turut hadir.

Baca Juga: Serikat Karyawan Garuda Cabut Laporan Terhadap Rius

Ya, sehari sebelum pertemuan, Garuda Indonesia memang meminta bantuan pengacara Hotman Paris. Tapi kata Hotman, permintaan itu dia tolak. “Aku lebih suka jadi juru damai. Honornya nanti-nanti saja,” kata Hotman yang dikenal ceplas-ceplos itu.

Damai
Surat perjanjian perdamaian antara Sekarga dan Youtuber Rius Vernandes. (ANTARA/Ade Irma Junida)

Atas peran Hotman, hanya butuh beberapa jam untuk kedua pihak sepakat berdamai. Tak ada lagi gugatan pidana maupun perdata.

Sementara itu, Dirut Garuda Indonesia yang akrab disapa Ari kepada wartawan mengaku pihaknya tetap terbuka terhadap kritik setelah kasus laporan pencemaran nama baik atas unggahan vlog Rius.

Lebih lanjut dia mengatakan pihaknya juga membuka pintu seluas-luasnya bagi para youtuber atau influencer untuk mengunjungi fasilitas dan terbang bersama maskapai nasional tersebut. “Kami terbuka untuk menerima kritikan karena kami merasa masih banyak kekurangan. Kami mengimbau semua pihak untuk membangun komunikasi yang lebih baik,” ujarnya.

Pernyataan serupa juga disampaikan Sekarga yang awalnya melaporkan Rius Vernandes dan kekasihnya ke polisi. “Garuda Indonesia terbuka terhadap kritik karena itu adalah bagian untuk menjaga Garuda Indonesia sendiri,” kata Ketua Harian Sekarga Tommy Tampatty.

Tommy menyampaikan permintaan maaf atas ramainya pemberitaan terkait pelaporan tersebut. Ia pun mengaku telah diingatkan Ari melihat esensi penting dalam kasus tersebut.

Baca Juga: Ombudsman akan Periksa Penyidik Polresta Bandara Soetta Terkait Kasus Rius Vernandes

“Kami memang dipanggil Pak Dirut, beliau ingatkan kami akan hal esensi yang penting, yaitu perdamaian,” ujarnya.

Sebegai bentuk permintaan maaf, Garuda Indonesia mengundang Rius untuk berkeliling ke sejumlah fasilitas milik Garuda Indonesia di Garuda Maintenance Facility (GMF), katering, Garuda Indonesia Training Center (GITC). “Rius juga bisa melihat ‘cabin crew’ kita yang menarik dengan kebayanya,” kata Ari Askhara.

Selain diajak mengelilingi fasilitas Garuda Indonesia, Ari juga akan memberikan penerbangan gratis (free flight) kepada Rius dan kekasihnya. Penerbangan gratis tidak tertutup hanya untuk kelas bisnis tetapi juga kelas ekonomi. Dengan syarat Rius harus memberikan review-nya. “Tapi saya mau (review) hanya yang jelek-jelek saja karena yang bagus-bagusnya kita sudah tahu semua," katanya lantas disambut tawa.

Perseteruan keduanya bermula dari unggahan Rius tentang menu yang ditulis tangan di kelas bisnis Garuda Indonesia. Buntutnya, Sekarga melaporkan Rius kepada polisi atas dugaan pencemaran nama baik. Masalah ini jadi viral.

Dengan pertemuan ini, Sekarga resmi mencabut laporannya kepada Rius dan keduanya sepakat berdamai dengan kekeluargaan. (*)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH