Peran Masing-masing Tiga Pengendali 1 Ton Sabu yang Ditangkap di Taiwan Polisi menjaga kapal Wanderlust berbendera Sierra Leone di Pelabuhan Bea dan Cukai Tanjung Uncang, Batam, Kepulauan Riau, Senin (17/7).(ANTARA FOTO/M N Kanwa)

MerahPutih.com - Penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya akan terbang ke Taiwan untuk memeriksa tiga orang pengendali narkotika jenis sabu-sabu seberat 1 ton yang diungkap di eks Dermaga Hotel Mandalika Anyer, Serang, Banten, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Polri bekerja sama dengan otoritas kepolisian Taiwan berhasil menangkap tiga orang pengendali 1 ton sabu yang digagalkan Tim Satgasus Merah Putih di Anyer. Ketiganya YHC alias Aping, YPC alias Apao, dan DZS alias Aseng.

"Kemungkinan akhir bulan ini penyidik akan ke sana untuk memeriksa tersangka guna mendalami jaringan ini. Saat ini sedang proses administrasi," ujar Kasubdit III Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Bambang Yudhantara di Mapolda Metro Jaya, Jumat (11/8).

Bambang mengakui, dalam mengendalikan 1 ton sabu-sabu yang dimasukkan melalui perairan Indonesia, ketiganya mempunyai peran berbeda.

Untuk tersangka YHC alias Aping berperan mengkoordinir dan mengendalikan semua kegiatan operasi. YHC juga merupakan orang yang memegang uang selama pelaksanaan operasi.

Lalu tersangka YPC alias Apao berperan menyediakan semua sarana dan prasarana para pelaku. Mulai dari mencari dan membeli tiket hingga menyediakan kendaraan selama berada di Indonesia untuk menjalankan operasi.

Sementara DZS alias Aseng merupakan orang yang pertama kali datang ke Indonesia untuk melakukan survei lokasi penyelundupan sabu ini.

"Ia berperan mencari dan merekrut orang untuk melakukan operasi di Indonesia. Pada November 2016 datang ke Jakarta bertemu saksi AN bilang mau bisnis di Indonesia dan minta dicarikan rumah. Rumah tersebut ternyata nantinya digunakan untuk gudang narkotika," jelas Bambang. (Ayp)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pengendali 1 Ton Sabu Berhasil Dibekuk Di Taiwan


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH