Jakarta Coffee Experience
Peran Kopi Terhadap Ekonomi Kreatif di Indonesia Para pembicara dalam sesi diskusi terkait peran kopi terhadap ekonomi kreatif di Indonesia. (Foto: MP/Andreas Pranatalta)

BRImo Jakarta Coffee Experience selain menyajikan berbagai brand kopi, juga memberikan edukasi lewat para pembicara di industri kreatif. Pada Jumat (25/3), talkshow yang dihadirkan membahas soal kopi sebagai salah satu potensi besar ekonomi kreatif di Indonesia.

Beberapa narasumber yang hadir yakni Daryanto Witarsa selaku Ketua Umum Specialty Coffee Association Indonesia (SCAI), Ditto Percussion selaku Founder Stuja Coffee, dan Yoshua Tanu selaku Founder Jago Coffee. Yoshua pun menjelaskan perbedaan bisnis kopi zaman dulu dan sekarang.

"Kalau dulu mungkin kita mulai dari kopi sachet dulu ya, tapi sekarang ada yang udah langsung ke espresso. Tapi terlepas dari itu, yang harus kita bisa berikan ke customer adalah interaksi antara barista ke mereka tentang karakter kopi dan kopi apa yang kira-kira cocok. Jadi bagaimana kita bisa memberikan edukasi ke masyarakat tentang kopi itu sendiri," kata Yoshua.

Baca juga:

Seru-Seruan di ‘BRImo Jakarta Coffee Experience’

brimo jakarta coffee experience
Daryanto Witarsa (kiri) dan Yoshua Tanu (kanan). (Foto: MP/Andreas Pranatalta)

Untuk perkembangan industri kopi ke depannya, menurut Yoshua, akan punya potensi besar karena variasi kopi di Indonesia sangat banyak. "Kita punya kultur kopi juga sudah mulai dikenal secara internasional," ungkapnya.

Ditto yang juga seorang musisi mengatakan salah satu tantangan memiliki bisnis kopi adalah bagaimana membuat mindset masyarakat tidak berpikir bahwa brand tersebut adalah milik selebritas.

Baca juga:

'BRImo Jakarta Coffee Experience' Hadirkan Kompetisi Barista

Peran Kopi Terhadap Ekonomi Kreatif di Indonesia
Keseruan lain di BRImo Jakarta Coffee Experience. (Foto: MP/Andreas Pranatalta)

"Memang label ini agak susah sih. Intinya, brand itu harus berdiri sendiri dan menemukan polanya. Mulai dari merchandise, Youtube, sampai desain arsitektur coffee shop-nya. Gue juga awal-awal bikin harus riset dulu tentang bisnis kopinya itu sendiri," kata Ditto.

Sebagai seorang pebisnis, Ditto menekankan pentingnya beradaptasi dan berkolaborasi, terlebih di masa pandemi COVID-19 ini. Kolaborasi yang dilakukan harus out of the box, seperti misalnya antara komunitas sepeda dengan komunitas kopi.

"Kita bikin market baru lagi dengan hal-hal yang kreatif. Gue selalu bilang ke tim bahwa jangan cuma kopi tapi branding juga harus satu paket. Ada banyak kolaborasi yang bisa dilakukan dengan kopi, tabrakin aja. Gue juga mau kalau orang beli kopi ya rasanya enak semua," lanjutnya.

Di sisi lain, Daryanto mengatakan bahwa bisnis kopi saat ini sudah berkembang pesat, berbeda dengan dulu. Ia juga menganggap kopi sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat.

"Model-model usaha kopi ini sudah banyak sekali dan bisa direplikasi. Tinggal gimana kita membuat inovasi dan dijadikan sesuatu saja. UMKM yang milenial juga harus kita push dari awal supaya ke depannya bisa lebih besar. Siapa tahu bakal ada Kopi Kenangan atau Kopi Janji Jiwa yang lainnya. Sebab, setiap coffee shop itu punya unique selling point tersendiri," kata Daryanto.

brimo jakarta coffee experience
BRImo Jakarta Coffee Experience lebih mendorong kultur kopi. (Foto: MP/Andreas Pranatalta)

"Jadi, piramida kopi itu semuanya sudah terisi, mulai dari yang paling atas sampai bawah. Dari orang yang mulai minum sachet juga ingin upgrade ke yang lebih enak," lanjutnya.

Di masa pandemi ini, juga menjadi momen untuk menyaring bisnis kopi mana yang benar-benar serius untuk tetap bertahan. Para pebisnis memutar otak mencari cara untuk tetap bertahan dan konsisten terhadap rasa kopi itu sendiri.

"During COVID I learn mix and match, mulai dari PSBB sampai PPKM pemasukan juga sulit untuk coffee shop. Jadi kuncinya adalah do something innovate. Dan event kopi itu bagus, bukan hanya untuk kita tapi juga para petani," ungkap Daryanto.

Buat kamu yang tertarik dengan perbincangan lainnya, bisa datang ke BRImo Jakarta Coffee Experience di Urban Forest, Grange Park, Cipete, Jakarta Selatan yang diselenggarakan 25-27 Maret 2022. Akan ada kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sana untuk sejenak melepas rasa penat, mulai dari mencicipi kopi sampai menikmati live music. (and)

Baca juga:

Time! Kompetisi ‘Jakarta Coffee League 2022’ Jadi Momentum untuk Karier Barista

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Livin' Jakarta Coffee Week 2021 Siap Digelar Luring
Fun
Livin' Jakarta Coffee Week 2021 Siap Digelar Luring

Jakarta Coffee Week 2021 akan digelar secara offline dengan protokol kesehatan ketat

Vtuber dari Sony Music Buka Audisi Global
ShowBiz
Vtuber dari Sony Music Buka Audisi Global

Sony Music Entertainment hadir di industri virtual YouTuber (vtuber) menambah kesemarakan kultur anime Jepang

Warner Bros. Tunda Perilisan Sekuel 'Aquaman' dan 'Shazam'
ShowBiz
Warner Bros. Tunda Perilisan Sekuel 'Aquaman' dan 'Shazam'

Tanggal perilisan Aquaman and the Lost Kingdom dan Shazam!: Fury of the Gods mundur.

Perangkat AI Bantu Diagnosis Autisme pada Anak
Fun
Perangkat AI Bantu Diagnosis Autisme pada Anak

Pembelajaran mesin kecerdasan buatan (AI) sebagai Perangkat Medis (SaMD) membantu penyedia perawatan primer.

Jepang Bersiap Menyambut Turis untuk Pertama Kali sejak 2020
Fun
Jepang Bersiap Menyambut Turis untuk Pertama Kali sejak 2020

Jepang mulai mengizinkan tur kelompok kecil masuk mulai akhir Mei 2022.

'Spider-Man: No Way Home Extended Cut' Tayang September 2022
ShowBiz
'Spider-Man: No Way Home Extended Cut' Tayang September 2022

Trip Spidey akan kembali lagi dengan durasi film yang lebih panjang.

Manakah Karakter dalam Virgin Series yang Mirip denganmu?
ShowBiz
Manakah Karakter dalam Virgin Series yang Mirip denganmu?

Serial yang disutradarai Monty Tiwa ini berlatar kehidupan remaja SMA dengan konflik yang sangat erat dengan fenomena saat ini.

'Call of Duty Mobile' Season 11 Hadirkan Nuansa Musim Dingin
Fun
'Call of Duty Mobile' Season 11 Hadirkan Nuansa Musim Dingin

Call of Duty Mobile Season 11 menawarkan permainan yang lebih menarik.

September, LEGO Brawls Hadir di Konsol dan PC
Fun
September, LEGO Brawls Hadir di Konsol dan PC

Pemain akan diajak menikmati pertarungan sengit di arena dengan karakter buatan kamu di semesta LEGO.

50 Gim dalam Satu Konsol Mini
Fun
50 Gim dalam Satu Konsol Mini

Menghadirkan pustaka dari gim 32-bit milik SEGA yakni SEGA CD.