Peran Ibunda dalam Kesuksesan Stan Lee Karya Stan Lee mendunia. (Foto: syfy)

“DI balik pria sukses ada perempuan hebat.” Ungkapan tersebut sepertinya tepat disematkan pada kreator Marvel, Stanley Lieber atau yang dikenal sebagai Stan Lee. Sosok perempuan hebat yang ada dibalik Stan Lee ternyata adalah ibunya. Lahir di New York sebagai imigran Yahudi Miskin asal Eropa Timur, Stan Lee mampu mengubah keadaannya menjadi kreator fenomenal Marvel.

Stan Lee mengungkapkan, kemampuannya untuk mengubah keadaan tersebut berasal dari ibunya. “Ibuku adalah ibu terbaik di dunia. Ia selalu menganggapku makhluk berkaki dua terhebat yang pernah ada,” ujarnya. Ketika masa kanak-kanak ia suka membaca buku-buku karya sastrawan terkenal seperti Mark Twain, Sir Arthur Conan Doyle, Jules Verne, dan HG Wells. Setiap sang ibu melihatnya membaca karya-karya tersebut sang ibu selalu mengatakan bahwa semua yang ia lakukan sangat brilian.

stan lee
Stan Lee selalu mendengar kata ibunya. (Foto: theglobeandmail)

Selain membaca karya sastrawan besar, Lee muda selalu menulis saat di sekolah. Saat ia pulang ke rumah, ia menunjukkan tulisannya tersebut kepada sang ibu. “Setiap kali melihat tulisanku, ibu selalu berkata luar biasa dan memanggilku Shakespeare,” tuturnya. Mendengar pujian dari sang ibunda membuat ia percaya akan kemampuannya. Lee muda berasumsi bahwa ia bisa melakukan apapun.

Mendengar pujian yang dilontarkan sang ibunda membuat Lee bertekad untuk mengejar mimpinya sebagai penulis. Lahir dan besar dalam kekurangan membuat sang ibu meminta Stan Lee untuk belajar keras di sekolah sehingga saat lulus ia bisa berkontribusi bagi perekonomian keluarganya.

stan lee
Disebut sebagai mafia komik dunia. (Foto: timesofisrael)

Stan Lee mengikuti nasihat sang ibunda. Ia mengambil pekerjaan apapun untuk membantu keluarganya. Ia bahkan pernah bekerja sebagai sukarelawan di Angkatan Darat Amerika Serikat. Meskipun bekerja serabutan, ia tetap berusaha untuk mengejar mimpinya sebagai penulis.

Tahun 1939, Lee berkesempatan untuk mengembangkan bakatnya saat bekerja sebagai asisten di divisi Timely Comics. Bakatnya semakin berkembang saat ia bekerja di penerbitan Martin Goodman. Ia pun terlibat dalam pembuatan komik Marvel. Sejak itulah namanya semakin terkenal. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH