Per 2021, Ponsel Samsung Dijual Tanpa Charger? Rumornya, Samsung akan melakukannya di 2021 mendatang. (Foto: Android Authority)

SAMSUNG tampaknya mengikuti jejak Apple yang tidak menyertakan charger di kotak penjualan sejumlah gawai terbarunya. Umumnya, ketika kita membeli gawai, aksesoris itu akan selalu disertakan di dalam boks pembelian. Namun, Samsung akan menghilangkan charger dari kotak kemasan hanya di beberapa model gawai tertentu.

Mengutip laman ETNews, langkah ini sengaja dilakukan karena charger Samsung sudah banyak beredar di pasaran, kurang lebih sejak 10 tahun gawai Samsung diluncurkan.

Baca juga:

iPhone 12 Tak Ada Adaptornya?

Perubahan ini bakal dilakukan Samsung di awal 2021 mendatang. Selain itu, Samsung mengatakan bahwa dengan adanya langkah ini dana mengurangi biaya produksi, seiring dengan penambahan ongkos untuk memanufaktur gawai yang mendukung 5G.

Per 2021, Ponsel Samsung Dijual Tanpa Charger?
Pembeli terpaksa membeli secara terpisah. (Foto: GSMArena)


“Samsung Electronics mempertimbangkan rencana untuk menyingkirkan charger dari komponen ponsel pintar dengan mitra. Detail waktu dan metodenya belum dikonfirmasi, tapi Samsung diharapkan bisa menyingkarkan charger beberapa model ponsel di tahun depan,” tulis laporan tersebut.

Dengan menyingkirkan charger, tentu akan berdampak pula pada harga penawaran ketika konsumen membeli gawai tersebut.

Kalau diperkirakan, harga untuk membeli charger secara satuan mencapai Rp500 ribu sampai Rp1 jutaan. Para konsumen terpaksa harus membeli charger secara terpisah di toko resmi Samsung.

Baca juga:

Samsung Bakal Hadirkan Fitur Kamera 150 Megapixel untuk Model Galaxy S

Samsung bukan satu-satunya perusahaan yang menyingkirkan charger di pembelian gawainya. Baru-baru ini, Apple juga tengah dikabarkan akan menyingkirkan pengisian daya di beberapa iPhone.

Menurut analis Apple Ming-Chi Kuo, Apple turut menghilangkan daya adapter sebesar 5W atau 18W dengan alasan penghematan biaya produksi.

Sebagai gantinya, perusahaan besutan Steve Jobs ini akan menyediakan charger dengan pengisian cepat 20W yang dijual secara terpisah.

Per 2021, Ponsel Samsung Dijual Tanpa Charger?
Samsung Galaxy Note 20 segera rilis 5 Agustus 2020. (Foto: XDA Developers)

Langkah yang diambil Samsung dan Apple secara tidak langsung juga berdampak pada lingkungan. Selama ini, kita sering melihat charger yang dibuang dan tersebar begitu saja. Meski demikian, kabar ini belum dikonfirmasi kedua belah pihak secara utuh.

Jika rumor itu benar, maka pembelian Galaxy Note 20 yang rilis 5 Agustus 2020 mendatang nanti masih disertai charger bawaan di dalam kotak penjualan. (and)

Baca juga:

Siap-Siap, Samsung Galaxy Note 20 Meluncur 5 Agustus


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH