Peparnas Jadi Cara NPC Regenerasi Atlet

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 08 November 2021
Peparnas Jadi Cara NPC Regenerasi Atlet
Atlet Papernas. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - National Paralympic Committee (NPC) Indonesia mendorong adanya sukses regenerasi atlet pada pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) NPC Indonesia Rima Ferdianto mengatakan, untuk mendorong hal tersebut dengan penerapan peraturan baru yakni penggolongan atlet yang pernah ikut event internasional ke dalam kategori elite dan atlet baru dalam kategori nasional.

Baca Juga:

Pemprov Sulsel Gelontorkan Rp 1,5 Miliar Dukung Atlet di Papernas Papua

"Atlet elite dibatasi, hanya bisa ikut satu nomor pertandingan sehingga atlet baru memiliki banyak kesempatan untuk menjadi juara di berbagai nomor yang ada," katanya.

Menurut Rima, maka secara otomatis atlet baru tersebut akan termotivasi bersaing dengan senior yang ada di NPC pusat.

"Di sinilah dapat diketahui atlet yang memiliki potensi besar dan level kompetitifnya, sehingga mendapat kualitas atlet yang setara dengan atlet kategori elite," ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan begitu, hal ini juga dapat menghindari adanya praktik atau transaksi jual beli atlet dan akhirnya memonopoli perolehan medali mengingat atlet tersebut sudah sering bertanding.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) NPC Indonesia Rima Ferdianto kedua dari kiri (ANTARA/Hendrina Dian Kandipi)
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) NPC Indonesia Rima Ferdianto kedua dari kiri (ANTARA/Hendrina Dian Kandipi)

Dia menambahkan tujuan lain dari peraturan baru sukses regenerasi ini adalah dapat menunjukkan NPC daerah yang mana yang melakukan pembinaan atlet secara baik.

"Diharapkan sistem atau peraturan baru ini dapat mendorong regenerasi atlet dengan lebih cepat," katanya dikutip Antara.

Baca Juga:

Produk Tata Rias Pengisi Acara Pembukaan PON XX Papua Gunakan Bahan Alami

#Papernas #PON Papua #Papua
Bagikan
Bagikan