'People Power' Ala Amien Rais Ternyata Cuma Modal Ponsel Pintar Amien Rais Usai mencoblos di TPS 123, Depok, Sleman. Foto: MP/Teresa Ika

MerahPutih.com - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais tetap bersikukuh mendorong gerakan 'People Power' jika terbukti ada kecurangan yang terukur, sistematik, dan masif maka akan ada perhitungan. Namun, ternyata gerakan massa yang diusulkan bukan real kekuatan fisik turun ke jalan, tetapi menggunakan gawai.

"People power paling enteng adalah menggunakan gawai pintar. People power adalah rakyat punya senjata namanya HP pintar," kata Amien, kepada wartawan, usai mencoblos di TPS 123 Gondang Raya Condong Catur Sleman, Rabu (17/4).

Amien meluruskan usulannya sebelumnya untuk memilih People Power, ketimbang melakukan gugatan ke MK, bukan berarti harus ada perang antaranak bangsa. Menurut dia, lewat kecanggihan teknologi aksi people power tidak perlu melibatkan benturan fisik.

"People power adalah rakyat punya senjata namanya hp pintar. Mudah-mudahan dengan itu cukup, tidak perlu sampai turun ke jalan," ujar Ketua Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Paslon Nomor Urut 02 Prabowo-Sandi itu.

ponsel
Ponsel pintar (Foto: Pixabay/terimakasih0)

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN itu mengaku sudah menyiapkan aksi apabila ada dugaan kecurangan dalam agenda lima tahunan tersebut. Aksi itu, bukanlah melaporkan kecurangan pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK), tapi langsung menggelar people power.

"Kalau nanti terjadi kecurangan, kita nggak akan ke MK (Mahkamah Konstitusi). Nggak ada gunannya, tapi kita people power. People power sah," kata Amien di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 31 Maret silam.

Dalam kesempatan berbeda, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berharap hajatan Pemilu 2019 tak ada keributan, apalagi sampai melakukan gerakan people power jika jagoannya kalah. "Yang kalah bisa menerima dengan lapang dada," kata dia, kepada wartawan usai pencoblosan di Jakarta, Rabu (17/4).
(Knu)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH