Lingkungan
Digitalisasi Berperan dalam Proses Daur Ulang Teknologi membantu proses daur ulang. (Foto: Unsplash/Miriam Espacio)

PEMBANGUNAN berkelanjutan merupakan tantangan dan fokus utama di seluruh dunia. Mengatasi triple bottom line pada People-Plant-Profit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan karyawan; mengurangi dampak lingkungan; namun juga memberikan keuntungan kepada perusahaan, adalah keseimbangan yang penting. Konsumen dan bisnis sama-sama memikirkan kembali perilaku saat ini untuk secara khusus menangani keberlanjutan.

Produksi dan penggunaan plastik memiliki peran penting dari kegiatan ini, dan kesadaran telah meningkat selama pandemi COVID-19. Faktanya, semua topik “sustainability” saat ini telah menarik lebih banyak fokus orang. Adanya kesadaran yang lebih tinggi akan risiko di seluruh bisnis, dan kekhawatiran yang meningkat tentang lingkungan termasuk pengurangan limbah plastik.

Baca Juga:

Ekonomi Sirkular Dukung Peningkatan PDB dan Pelestarian Lingkungan di Indonesia.

Tapi pada saat yang bersamaan, kita juga melihat penggunaan plastik sekali pakai yang lebih banyak untuk mengamankan makanan dan kesehatan selama pandemi. Daur ulang plastik masih berada pada tingkat yang rendah selama bertahun-tahun dan memperluas kegiatan daur ulang ini adalah kunci untuk bergerak menuju ekonomi sirkular.

Sampah plastik diperkirakan akan lolos ke lingkungan pada tahun 2050. (Foto: Unsplash/tanvi sharma)

Menurut Ellen MacArthur Foundation, hanya sekitar 14 persen dari kemasan plastik yang dikumpulkan untuk didaur ulang secara global dan sepertiga dari volumenya berakhir di lingkungan. Dalam Percakapan CERAWeek baru-baru ini, wakil presiden IHS Markit, Anthony Palmer memperkirakan bahwa lebih dari 400 ribu metrik ton sampah plastik diperkirakan akan lolos ke lingkungan pada 2050.

Perusahaan Jepang FP Corporation memiliki bisnis yang rumit dan tantangan keberlanjutan dalam operasi pengemasan dan logistiknya. Perusahaan ini berhasil menerapkan solusi rantai pasokan digital untuk mengoptimalkan proses produksi dan distribusi yang kompleks untuk target profitabilitas dan keberlanjutan.

Baca Juga:

Ekonomi Sirkular Sebagai Solusi Pembangunan Berkelanjutan

Bekerja dengan mitra Time Commerce, perusahaan tersebut menghasilkan rencana penjadwalan terperinci yang mengintegrasikan rencana permintaan dan kapasitas gudang dengan komponen biaya utama untuk produksi, inventaris, dan transportasi.

Teknologi digital juga membantu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan daur ulang baru yang sering disebut sebagai “daur ulang tingkat lanjut”. Pendekatan lanjutan ini berbeda dari daur ulang mekanis karena mengambil polimer terpisah untuk membuat monomer awal atau bahan baku, serta perantara lain yang dapat digunakan sebagai bahan baku.

Daur ulang tingkat lanjut memberikan peluang untuk mengelola sampah plastik dalam jumlah besar, dan mengubahnya menjadi bahan yang dapat digunakan. Seiring dengan peningkatan proses, ini juga dapat memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam jenis dan variabilitas plastik yang dapat didaur ulang.

Proses ekonomi sikular. (Foto: Istimewa)

Sebuah studi penelitian baru-baru ini yang menggunakan Aspen Plus untuk memodelkan pirolisis limbah ban menyoroti bahwa model simulasi dapat berfungsi sebagai alat yang kuat untuk menanggapi kondisi pasar yang menentukan permintaan dan harga bahan bakar sementara. Pada saat yang sama juga mengidentifikasi kondisi proses yang optimal didorong oleh ekonomi proses. Operator dapat mengoptimalkan berdasarkan permintaan pasar lokal seperti bensin, solar dan hidrokarbon lainnya.

Teknologi digital juga dapat membantu langkah selanjutnya dalam proses daur ulang karena minyak pirolisis yang dihasilkan diintegrasikan kembali ke dalam operasi sebagai bahan baku ke dalam kerupuk uap untuk produksi olefin. Solusi perencanaan seperti Aspen PIMS, membantu perusahaan menilai kemampuan unit untuk pakan alternatif dan memberikan panduan tentang kondisi optimal untuk pengolahan. (ikh)

Baca Juga:

Menangani Sampah Plastik dengan Menerapkan Ekonomi Sirkular

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
'Resident Evil Village' akan Hadir untuk Mac di Akhir 2022
Fun
'Resident Evil Village' akan Hadir untuk Mac di Akhir 2022

Gim yang telah dirilis pada 2021 itu akan bisa dimainkan di Mac pada akhir 2022

Fitur Baru Twitter Menuai Protes dari Warganet, Ada Apa?
Fun
Fitur Baru Twitter Menuai Protes dari Warganet, Ada Apa?

Diprotes karena dinilai bisa memicu pelecehan.

Jangan Dibiasakan deh, Mom Shaming Bisa Lukai Perasaan Ibu
Hiburan & Gaya Hidup
Jangan Dibiasakan deh, Mom Shaming Bisa Lukai Perasaan Ibu

Sebanyak 88 persen ibu di Indonesia pernah mengalami mom shaming.

Asyik, Ada Mal Baru di Bogor
Fun
Asyik, Ada Mal Baru di Bogor

Jalan-jalan ke Bogor makin seru.

Ulang Tahun ke-40, Kate Middleton Unggah Foto Vintage dan Glamor
ShowBiz
Ulang Tahun ke-40, Kate Middleton Unggah Foto Vintage dan Glamor

Kate Middleton terlihat begitu anggun di fotonya.

Kopi dan Kemampuan Menginduksi BAB
Hiburan & Gaya Hidup
Kopi dan Kemampuan Menginduksi BAB

Mengapa kopi membuat banyak orang berlari ke kamar mandi dalam beberapa menit setelah meminumnya?

Nvidia Luncurkan GeForce RTX 3090 Ti, GPU Paling Kencang di Dunia
Fun
Nvidia Luncurkan GeForce RTX 3090 Ti, GPU Paling Kencang di Dunia

Enam kali lebih kencang dari RTX 2080 Ti.

Dian Sastrowardoyo Berulang Tahun
ShowBiz
Dian Sastrowardoyo Berulang Tahun

Bintang kelahiran Jakarta, 16 Maret 1982 ini memulai kariernya di dunia hiburan setelah memenangi pemilihan Gadis Sampul majalah Gadis pada 1996.

Kisah Daniel Radcliffe Perankan Harry Potter
ShowBiz
Kisah Daniel Radcliffe Perankan Harry Potter

Seri Harry Potter telah memperkenalkan generasi baru aktor brilian.