Penyintas COVID-19 Berisiko Penyakit Serius Penyintas COVID-19 masih dihantui infeksi yang lain, menurut penelitian. (Pexels/Anna Shvets)

PARA pakar menyatakan bahwa infeksi yang ditimbulkan oleh COVID-19 menaikan risiko penyintasnya terpapar sakit yang lebih serius, demikian laman Mirror menuliskan.

Virus itu mengganggu 'kenormalan' kesimbangan bakteri di usus, jelas akan membuat mikroba berbahaya mudah masuk. Jadi penyintas pandemi itu memiliki kerawanan terpapar infeksi lainnya karena perubahan di dalam usus mereka itu.

Para pakar menyatakan bahwa karena virus mengganggu kenormalan bakteria yang membuat jumlah spesiesnya berkurang. Penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa ada bahaya yang mengintai jiwa para penyintas ini. Mereka mengatakan ada kecenderungan munculnya infeksi kedua karena spesies yang tahan pada antibiotik dapat memasuki aliran darah.

Baca Juga:

Joging dan Jalan Cepat, Olahraga Mudah yang Menyehatkan

virus
Penyintas COVID-19 dapat terinfeksi pada bagian lain di tubuh. (Unsplash/Martin Sanchez)

Penelitian yang dikepalai oleh Professor Ken Cadwell dari New York University Langone Health, mengatakan bahwa mereka menemukan adanya infeksi virus ini yang mengarah pada gangguan keseimbangan mikroba baik di usus. Ini mengarah pada ancaman kesehatan pasien.

Dari penelitian itu Cadwell dari rekan-rekannya berhasil mengungkap kondisi tersebut yang dapat mengarah pada pencegahannya. Terutama kemungkinan bakteri jahat yang dapat memasuki aliran darah. Dia menyatakan dalam jurnal Nature Communications, bahwa penggunaan antibiotik yang terlalu meluas membuat bakteri malah menujukan resistensinya. Ini membuat pasien menjadi lebih rapuh.

"Jadi penggunaan antibiotik untuk meringankan infeksi virus ini malah menghancurkan microbiome pada usus," kata Cadwell seperti dimuat dalam laman Mirror.

Penelitiannya kemudian menemukan bahwa ada bukti yang menunjukan bakteri yang sama pada usus masuk ke dalam aliran darah pasien, tentunya ini mengarah pada infeksi yang jauh lebih berbahaya.

Para peneliti ini memantau sekitar 96 pria dan perempuan yang dirawat karena COVID-19 pada tahun 2020 di Kota New York dan New Haven, Amerika Serikat. Mereka menemukan bahwa microbiome usus sangat rendah. Bahkan 25 persen pasien itu hanya memiliki satu tipe bakteria di usus.

Baca Juga:

Mengenal Lebih Jauh Tentang Baby Botox

virus
Bakteri di usus terganggu dengan infeksi COVID-19. (Pixabay/fernandozhiminaicela)

Karena penggunaan obat antibiotik yang meluas, membuat bakteria yang tahan antibiotik meningkat. Kemudian mereka menemukan 20 persen pasien itu pada aliran darahnya terdapat bakteri tersebut yang menyebabkan risiko infeksi lebih buruk pada pasien.

Peneliti kemudian menggunakan tikus yang terinfeksi virus ini, kemudian menganalisa spesies bakteri pada kotorannya. Mereka ingin mengetahui apakah benar virus ini dapat mengacaukan microbiome pada usus.

Mereka juga mengambil contoh darah dan kotoran dari para pasien COVID-19 dari New York University Langone Health dan RS Yale University. Tujuannya adalah untuk menganalisa bakteri usus dan kemungkinan infeksi kedua. Pene;iti senior dan asisten profesor di University Langone Health, Dr Jonas Schluter mengatakan bahwa ada koneksi antara microbiome di usus dan sistem imun pada bagian lain di tubuh. Jadi infeksi itu dapat mengacaukan yang lainnya.

Namun Schulter menyarankan harus ada peelitian lanjutan. Karena semuanya berhubungan dengan jenis perawatan yang diterima oleh pasien. Banyak faktor yang memengaruhi kontribusi gangguan microbiome dalam tubuh mereka. (psr)

Baca Juga:

Cara Merawat Kulit setelah Hapus Tato dengan Laser

Penulis : P Suryo R P Suryo R
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kalau Mau Kaya Jangan Malas!
Fun
Kalau Mau Kaya Jangan Malas!

Hayuk jangan ragu untuk bergerak maju!

Mau Cari Cuan Bisnis Digital Tetapi Internet Lamban
Hiburan & Gaya Hidup
Mau Cari Cuan Bisnis Digital Tetapi Internet Lamban

Kuncinya, mereka mengandalkan internet

Alasan Ironheart Debut di 'Black Panther: Wakanda Forever'
Fun
Alasan Ironheart Debut di 'Black Panther: Wakanda Forever'

Black Panther: Wakanda Forever menampilkan karakter Ironheart.

Nasib Para Tokoh 'Woori the Virgin' Segera Terungkap di Episode Terakhir
ShowBiz
Mr. Bean akan Lelang Koleksi Mobil Retronya
Fun
Mr. Bean akan Lelang Koleksi Mobil Retronya

Mobil retro dengan sejarah panjang akan reli.

Ruang Kreatif Publik Pos Bloc di Gedung Filateli, Pasar Baru
Fun
Ruang Kreatif Publik Pos Bloc di Gedung Filateli, Pasar Baru

os Bloc menjadi satu wadah masyarakat untuk menggelar acara seni, budaya, hiburan.

Satria F150 Special Edition Resmi Hadir di Indonesia
Fun
Satria F150 Special Edition Resmi Hadir di Indonesia

Satria F150 Special Edition dibanderol dengan harga Rp 29,9 juta.

Simple Plan Gabungkan Kekuatan dengan Deryck Whibley ‘Sum 41’ di ‘Ruin My Life’
ShowBiz
Simple Plan Gabungkan Kekuatan dengan Deryck Whibley ‘Sum 41’ di ‘Ruin My Life’

Lagu kolaborasi perdana Simple Plan dan Whibley dirilis pada Jumat (18/2).

Puasa Beri Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil
Fun
Puasa Beri Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil

Bumil ayo semangat berpuasa.

ARMY Militan Versus ARMY Santuy Berbeda-Beda Tetap BTS Jua
Hiburan & Gaya Hidup