Penyidik Polri Masih Kaji Laporan Terhadap Ustaz Abdul Somad Kabagpenum Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Polri akan mempertimbangkan berbagai faktor non-hukum dalam menindaklanjuti kasus pelaporan penodaan agama terhadap Ustaz Abdul Somad (UAS).

Kabag Penum Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, penyidik tak serta merta menerapkan pendekatan hukum dalam kasus UAS.

Baca Juga: Polisi Bisa Proses Hukum UAS dengan UU Penistaan Agama

"Kepolisian dalam menanganinya tidak cuma berlandaskan yuridis tapi bagaimana sosiologis kita, perkembangan masyarakat, dan sebagainya," kata Asep kepada wartawan di Jakarta, Kamis (22/8).

Ustaz Abdul Somad alias UAS akan diproses secara hukum
Ustaz Abdul Somad (UAS) saat memberikan ceramah (Foto: antara)

Asep menyatakan laporan atas UAS masih dalam pengkajian.

"Intinya laporan polisi tersebut masih dalam pengkajian dan tidak serta merta laporan polisi langsung ditindaklanjuti tapi perlu ada pengkajian-pengkajian lebih dalam," ujar Asep.

Pengkajian itu dilakukan untuk sejumlah laporan yang diterima oleh Bareskrim Polri maupun kantor kepolisian lainnya. Penyatuan laporan dimungkinkan.

Baca Juga: MUI Sudah Menduga Ceramah UAS Akan Viral

Ada beberapa kelompok masyarakat mempolisikan UAS atas kasus penistaan agama.

"Ada beberapa yang sudah dilaporkan di Bareskrim dan sedang ditangani, proses awalnya melakukan pengkajian pada laporan itu," kata Asep.

Ustaz Abdul Somad (UAS) enggan meminta maaf atas ceramahnya yang viral hingga adanya laporan ke polisi. Menurutnya, saat itu dirinya tengah memberikan kajian di Masjid An Nur, Pekanbaru 2016 lalu dan ia menjawab pertanyaan jemaah.(Knu)

Baca Juga: GMKI Minta Polisi Periksa UAS



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH