Penyidik Dalami Hubungan Eks Kapolda Metro Sofyan Jacob dengan Kivlan Zen Kivlan Zen didampingi pengacaranya saat diperiksa penyidik Bareskrim terkait kasus dugaan makar (Foto: antaranews)

MerahPutih.com - Kepolisian terus menggali hubungan tersangka Eks Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Sofyan Jacob dalam kasus makar dengan Mayjen (Purn) Kivlan Zen, yang terjerat kasus makar sekaligus rencana pembunuhan tokoh nasional.

"Nanti sedang kita dalami," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (13/6).

BACA JUGA: Motif Kivlan Zen Incar Nyawa Yunarto Wijaya Versi Ahli Intelijen

Menurut Argo, upaya pendalaman itu sudah dilakukan dengan memeriksa puluhan saksi kasus makar yang melibatkan mantan orang nomor satu di Polda Metro Jaya tersebut. "Saksi 20 orang lebih kita sudah mintakan dan kita saksi ahli pun sudah kita periksa juga di sana," imbuh dia.

Argo
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (Antara/Ricky Prayoga)

Argo menjelaskan Sofyan ikut terlibat permufakatan makar dan penyebaran kabar yang belum dapat dipastikan kebenarannya alias hoaks. Kabar yang dimaksud adalah tudingan adanya kecurangan pemerintah dalam pemilu dan pengumuman kemenangan Prabowo Subianto di Pilpres 2019 tanpa klarifikasi hasil sah dari KPU.

BACA JUGA: Diperiksa Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Makar, Mantan Kapolda Metro Jaya Sakit

Adapun, lokasi tempat kejadian perkara Sofyan melakukan dugaan kejahatan itu saat berada di kediaman Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Yang bersangkutan (Sofyan) sedang menyampaikan di mana? Ada yang di Kertanegara di sana menyampaikan pemberitanaan itu. UU penyiaran bohong ya. Yang di UU pasal 14 di UU nomor 146,"," ungkap Jubir Polda Metro Jaya itu.

Tersangka kasus makar mantan Kapolda Metro Jaya Sofyan Jacob
Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Sofyan Jacob ditetapkan sebagai tersangka kasus makar (Foto: konfrontasi.com)

Lebih jauh, Argo menegaskan penyidik telah mempunyai dua alat bukti yang cukup dalam penetapan tersangka. Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) juga telah menjadwalkan kembali pemeriksaan terhadap Sofyan setelah Senin (10/6) kemarin tidak hadir.

BACA JUGA: Penyidik Dinilai Tak Main-main Tetapkan Mantan Kapolda Metro Sebagai Tersangka Makar

Sebelumnya, Eks Kapolda Metro Sofyan Jacob dilaporkan seseorang di Bareskrim Mabes Polri. Pelapor Sofyan sama dengan pelapor Eggi Sudjana dan Kivlan Zen. Kemudian, laporan terhadap Sofyan itu dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

Melalui pemeriksaan saksi-saksi dan barang bukti, Sofyan ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu, 29 Mei 2019. Dia diduga melakukan kejahatan terhadap keamanan negara atau makar, menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat, atau menyiarkan kabar yang tidak pasti. (Knu)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH